Jerman Setuju Membeli Sistem Pertahanan Arrow-3 Israel dengan Investasi Miliaran Euro

Avatar
Google News
Jerman Setuju Membeli Sistem Pertahanan Arrow-3 Israel dengan Investasi Miliaran Euro
Jerman Setuju Membeli Sistem Pertahanan Arrow-3 Israel dengan Investasi Miliaran Euro - pewarta nusantara - (Foto: The Times of Israel)

Pewarta Nusantara, Berlin – Jerman Rencanakan Pembelian Sistem Pertahanan Arrow-3 Israel Seharga Miliaran Euro. Parlemen Jerman dikabarkan telah menyetujui rencana pembelian sistem pertahanan udara Arrow-3 dari Israel dengan nilai hampir empat miliar euro ($4,3 miliar).

Sistem pertahanan ini dirancang untuk melindungi negara-negara tetangga Jerman dari ancaman rudal balistik di atas atmosfer Bumi.

Keputusan pembelian ini merupakan langkah besar bagi Jerman setelah beberapa tahun mengalami kekurangan investasi dalam angkatan bersenjata mereka.

Peristiwa perang Rusia di Ukraina juga telah mempertegas kebutuhan akan sistem pertahanan udara yang handal di negara-negara Barat untuk melawan serangan rudal dan pesawat tak berawak.

Dana untuk pembelian Arrow-3 akan dialokasikan dari dana pertahanan senilai 100 miliar euro ($108 miliar) yang telah diresmikan oleh Kanselir Jerman Olaf Scholz sebagai respons terhadap invasi Rusia ke Ukraina.

Rencananya, Jerman akan mencapai kesepakatan pemerintah-ke-pemerintah dengan Israel dalam pembelian sistem ini pada akhir tahun ini, dan kontrak akan ditandatangani pada akhir 2023.

Sistem pertahanan Arrow-3 diharapkan akan tiba di Jerman pada kuartal terakhir tahun 2025. Pembayaran awal yang dilakukan oleh Jerman bertujuan untuk mempersiapkan proses manufaktur dan produksi di Israel.

Meskipun terdapat risiko terkait pembayaran awal ini, pemerintah Jerman yakin bahwa segala hal akan berjalan sesuai rencana.

Baca juga: Portugal Kirim 140 Petugas Pemadam Kebakaran ke Kanada untuk Mengatasi Kebakaran Hutan yang Meluas

Jerman telah menjadi salah satu pemimpin dalam upaya peningkatan pertahanan udara NATO di Eropa setelah melihat ancaman yang terus-menerus dari serangan rudal Rusia di Ukraina.

Dengan partisipasi lebih dari selusin negara Eropa dalam European Sky Shield Initiative, kerjasama pertahanan bersama semakin diperkuat dalam melindungi wilayah Eropa dari ancaman luar. (*IBs)