Pewarta Nusantara

Indonesia tak Lagi Punya Keris

Keris
Foto/Istimewa

Museum Keris Indonesia Terkenal, Tapi Indonesia Tidak Lagi Punya Keris

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki banyak budaya, suku, dan berbagai ras tradisi di dalamnya. Juga termasuk dengan senjata yang sudah ada sejak dulu seperti keris. Saat ini memang museum keris Indonesia terkenal, tapi Indonesia tidak lagi punya keris.

Museum keris Indonesia saat ini terkenal hingga di berbagai negara yang ada, apalagi baru-baru ini presiden jokowi telah meresmikan sebuah museum keris di Solo. Museum keris nusantara sudah memiliki banyak koleksi keris dan tosan aji sebanyak 409.

Di dalam museum keris tersebut terdapat 348 keris yang berasal dari hibah kolektor di seluruh Indonesia. Serta 61 lainnya merupakan pinjaman dari senopati atau biasa diartikan sebagai (Serikat Nasional Pelestarian Tosan Aji) di seluruh nusantara.

Dan pada museum itu juga terdapat keris tertua pada abad ke 8 atau bisa disebut pada zaman budha. Disetiap koleksi keris tersebut sudah tercantum keterangan di dalamnya. Melihat hal ini bahwa banyak keris-keris yang telah terkumpul di museum ini, dan juga menunjukkan bahwa museum keris Indonesia terkenal, tapi Indonesia tidak lagi punya keris.

Mengapa disebutkan begitu? Sebab pada dasarnya keris merupakan suatu benda bersejarah yang dimiliki Indonesia. Bahkan perlu diketahui bahwa keris juga sudah diakui secara internasional oleh bebrapa negara. Negara-negara seperti Belanda justru menyimpan koleksi keris yang asli dari Indonesia.

Sayangnya, generasi milenial saat ini sama sekali masih acuh dengan kebudayaan dan warisan budaya bangsa nya sendiri. Yang seharusnya dilestarikan dan harus dijaga, justru hanya terabaikan begitu saja. Sebab generasi milenial saat ini lebih banyak memegang gadget dibandingkan dengan memegang keris.

Tentunya hal ini sangat memprihatinkan, pasalnya museum keris Indonesia terkenal tapi Indonesia tidak lagi punya keris. Terutama pada generasi mudanya saat ini mereka lebih bangga dengan memiliki gadget di tangan nya dibandingkan keris warisa budaya yang sudah diakui internasional.

Maka dari itu, kita sebagai generasi muda mari melestarikan budaya yang sudah menjamur di bangsa ini. Budaya yang membuat keanekaragaman di bangsa ini, budaya yang mampu membuat bangsa ini lain dari yang lain.

Jangan justru semakin mengacuhkan budaya pewaris seperti salah satunya keris ini, yang mungkin sekarang mulai punah. Hanya orang-orang tertentu saja yang memiliki senjata ini. Kita sebagai bangsa indoensia terutama pada generasi muda wajib bangga, jangan sampai budaya yang diwariskan menjadi hilang dan punah.

Itulah ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai museum keris Indonesia terkenal, tapi Indonesia tidak lagi punya keris. Semoga artikel di atas mampu membuka kesadaran bagi kita semua penerus generasi bangsa dan budaya Indonesia ini. Jangan sampai warisan budaya Indonesia punah karena penerusnya tidak mau melestarikan budayanya, sekian dan terimakasih.

Nonton Streaming TV Online.
Ardi Sentosa

Ardi Sentosa

Bukan super hero, bukan juga budak politik atau kepentingan manapun. Just Ardi Sentosa.

Advertisement

Advertisement