News, Sport  

Indonesia Raih Hattrick Juara Umum ASEAN Para Games Kamboja, Pecahkan Rekor!

Avatar
Google News
Indonesia Raih Hattrick Juara Umum ASEAN Para Games Kamboja, Pecahkan Rekor!
Indonesia Raih Hattrick Juara Umum ASEAN Para Games Kamboja, Pecahkan Rekor! - pewarta nusantara - (Foto: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi)

Pewarta Nusantara, Jakarta – Hattrick! Presiden Mengapresiasi Prestasi Kontingen Indonesia sebagai Juara Umum ASEAN Para Games di Kamboja.

Kontingen Indonesia berhasil meraih gelar juara umum dalam ASEAN Para Games 2023 yang digelar di Kamboja. Dengan perolehan 159 medali emas, 148 medali perak, dan 94 medali perunggu, Indonesia kokoh berada di posisi teratas.

Ini merupakan kemenangan juara umum yang ketiga kalinya secara beruntun setelah sebelumnya meraih gelar di Malaysia pada tahun 2017 dan sebagai tuan rumah pada tahun lalu.

Kontingen Merah Putih yang terdiri dari 268 atlet turut berpartisipasi dalam 12 dari 14 cabang olahraga yang dipertandingkan, dengan total jumlah kontingen Indonesia mencapai 500 orang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan apresiasi atas prestasi yang diraih oleh Tim Indonesia ini. Sebagai kepala negara, Jokowi merasa sangat bangga bahwa Indonesia mampu mendominasi ASEAN Para Games untuk ketiga kalinya.

Melalui akun Twitter pribadinya, Presiden Jokowi menuliskan, “159 medali emas, 148 perak, dan 94 perunggu. Inilah perolehan medali kontingen Indonesia di ASEAN Para Games 2023 di Kamboja yang berakhir pada Jumat, 9 Juni, dan menempatkan Indonesia sebagai Juara Umum. Indonesia telah meraih gelar juara umum selama 3 ASEAN Para Games terakhir.”

Tak hanya meraih gelar juara umum, Indonesia juga berhasil memecahkan sejumlah rekor di ajang ini. Terdapat 15 rekor yang berhasil dipecahkan, dengan 11 rekor berasal dari cabang olahraga renang dan 4 rekor dari angkat berat.

Prestasi Indonesia semakin lengkap dengan adanya rekor-rekor tersebut. Presiden Jokowi pun menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh kontingen Indonesia yang telah berjuang dengan gigih untuk mengharumkan nama bangsa di ASEAN Para Games 2023.

Baca juga: 40 Hari Setelah Kecelakaan Pesawat, 4 Anak Suku Huitoto Ditemukan Selamat di Hutan Kolombia

Prestasi gemilang yang ditorehkan oleh kontingen Indonesia tidak hanya menjadi kebanggaan bagi para atlet, tetapi juga membanggakan seluruh rakyat Indonesia.

Keberhasilan ini menjadi bukti nyata bahwa Indonesia memiliki potensi dan bakat yang luar biasa dalam bidang olahraga, terutama dalam ajang-ajang internasional.

Prestasi ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia untuk mengembangkan bakat mereka dan terus mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. (*Ibs)