News, Sport  

Hellas Verona Menyingkirkan Spezia dalam Pertempuran Dramatis untuk Tetap Berada di Serie A

Avatar
Google News
Hellas Verona Menyingkirkan Spezia dalam Pertempuran Dramatis untuk Tetap Berada di Serie A
Hellas Verona Menyingkirkan Spezia dalam Pertempuran Dramatis untuk Tetap Berada di Serie A - pewarta nusantara - (Foto: pewarta nusantara)

Pewarta Nusantara, YogyakartaHellas Verona Berhasil Menahan Spezia di Serie A melalui Play-Off Degradasi.

Spezia mengalami nasib sial setelah harus terdegradasi ke Serie B meskipun finis di atas Hellas Verona dalam klasemen akhir Serie A 2022-2023.

Meskipun Spezia berada di posisi ke-17 sedangkan Verona satu peringkat di bawahnya, kedua tim harus bertanding dalam laga play-off karena keduanya memiliki jumlah poin yang sama, yaitu 31 poin.

Hellas Verona memastikan diri bertahan di Serie A setelah berhasil mengalahkan Spezia dengan skor 3-1 dalam pertandingan play-off degradasi yang digelar di Stadion Mapei pada Senin (12/6/2023) dini hari WIB.

Dalam kasus ini, Serie A tidak mempertimbangkan selisih gol dan head to head sebagai kriteria penentuan. Padahal, dalam kedua kriteria tersebut, Spezia lebih unggul daripada Verona.

Secara head to head, Spezia menang 2-1 dalam pertemuan pertama dan bermain imbang 0-0 dalam pertemuan kedua.

Meskipun Spezia diunggulkan sebelum pertandingan play-off, Hellas Verona berhasil keluar dari tekanan dan mempertahankan posisinya di Serie A.

Hasil ini tentu saja menyambut dengan sukacita mengingat mereka tidak pernah keluar dari posisi empat terbawah sejak giornata ke-8.

Dalam pertandingan yang berlangsung di tempat netral, Davide Faraoni membawa Hellas Verona unggul 1-0 hanya dalam waktu 5 menit pertandingan.

Namun, Ethan Ampadu dari Spezia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah 10 menit berlalu. Namun, dua gol dari Cyril Ngonge pada menit ke-26 dan 38 membawa Verona unggul 3-1 dan mempertahankan keunggulan tersebut hingga akhir pertandingan.

Baca juga: Claudio Ranieri Mengantar Cagliari Kembali ke Serie A dalam Drama Play-Off

Marco Zaffaroni, pelatih Hellas Verona, memberikan pengakuan terhadap kekuatan timnya, “Tim ini memiliki kekuatan luar biasa.

Ada saat-saat ketika tidak ada yang percaya pada kami. Namun, para pemain selalu memiliki keyakinan. Wajah-wajah para pemain, semuanya, selalu penuh fokus dan keyakinan bahwa kami bisa melakukannya,” seperti yang dikutip dari Tuttomercatoweb.

Kiper Lorenzo Montipo juga tampil gemilang dengan melakukan 8 penyelamatan, termasuk menggagalkan penalti M’Bala Nzola pada menit ke-70.

Montipo menyebutkan bahwa momen krusial dalam perjalanan Hellas Verona untuk bertahan di Serie A adalah saat pertandingan kandang melawan Sassuolo, di mana gol Adolfo Gaich pada menit ke-90 memberikan harapan bagi timnya.

Ia menyatakan, “Gol itu memberikan sinyal bahwa takdir berpihak pada kami. Meskipun hasil imbang dengan Empoli menghambat, kami bangkit hari ini.” (*Ibs)