Pewarta Nusantara

The Hartono brothers Masih Jadi Konglomerat Terkaya Indonesia

hartono-orang-terkaya
Foto/forbes

PEWARTANUSANTARA.COM – Daftar 50 Orang Terkaya Indonesia 2017 versi Forbes pada 29 November lalu, mayoritas di dominasi oleh kaum Adam. Begitu juga pada posisi puncak, yakni Hartono bersaudara.

Hartono bersaudara, yang memiliki peringkat nomor 1 selama sembilan tahun berturut-turut, terus menjauhkan diri dari beberapa pesaingnya.

Nilai bersih mereka hampir dua kali lipat menjadi lebih dari $32 miliar, naik dari $17,1 miliar, sebagian besar berkat kenaikan hampir 50% dari nilai saham mereka di Bank Central Asia (BCA).

Saudara laki-laki mewarisi pembuat kretek Djarum beberapa dekade yang lalu, namun dengan cerdas melakukan diversifikasi, mengambil saham BCA setelah klan Salim
kehilangan kendali selama krisis keuangan Asia 1997-1998.

Tahun ini, Hartonos menaikkan saham BCA menjadi 55%, dari 47%. Ke depan, mereka juga bertaruh pada perusahaan yang baru-baru ini terdaftar di bursa Hong Kong.

Rata-rata, kekayaan mereka meningkat setidaknya 10% dalam satu tahun terakhir, sebagian berkat nilai saham yang lebih tinggi. Pasar saham Indonesia naik 17% dibandingkan periode yang sama.

Faktor lain yang mendorong penilaian anggota daftar seperti Jogi Hendra Atmadja: meningkatkan pengungkapan setelah program amnesti pajak tahun lalu, yang membiarkan konglomerat negara tersebut menyatakan aset tersembunyi sebelumnya dengan imbalan penalti kecil.

Nonton Streaming TV Online.
Nurul Hidayat

Nurul Hidayat

Advertisement

Advertisement