News Headline

Google Maps Rilis Fitur Baru Tekan Penyebaran COVID-19

Google Maps Covid-19
Ilustrasi Google Maps fitur Covid-19. Sumber: CNN Business (Ilustrasi Google Maps fitur Covid-19. Sumber: https://edition.cnn.com/2020/09/24/tech/google-maps-coronavirus/index.html)

Pewartanusantara.com – Google Maps dikabarkan akan merilis fitur baru. Fitur tersebut yakni informasi persebaran COVID-19 di seluruh wilayah terpantau.

Dalam aplikasi ini, persebaran Covid-19 akan muncul saat pengguna mengaktifkan lapisan “COVID”. Jika fitur diaktifkan, pengguna dapat memantau jumlah rata-rata kasus terkonfirmasi.

Melansir The Verge, Jumat (25/9/2020), fitur terbaru Google ini kabarnya akan diluncurkan dalam versi Android dan iOS minggu ini.

“Lapisan COVID ini dirancang guna menginformasikan pengguna yang ingin bepergian ke suatu tempat, sehingga mereka bisa mengambil keputusan,” kata Project Manager Google Maps Sujoy Banerjee dalam unggahan blog Google.

Sumber data fitur Google Maps ini diambil dari dasbor Covid-19 Johns Hopkins, The New York Times, dan Wikipedia.

Selain statistik persebaran, beberapa fitur juga ditambahkan seperti: peringatan tentang pentingnya penggunaan masker di transportasi umum, pilihan tentang makanan untuk take away pada sebuah restoran, hingga peringatan untuk mengontak dokter jika dirasa pengguna memiliki gejala Covid-19.

Peluncuran fitur terbaru Google Maps ini dilakukan karena kasus Covid-19 di Amerika Serikat kembali melonjak.

Tentang Penulis

Nurul Hidayat

Nurul Hidayat

Pegiat media sosial dan aktif dalam Persatuan Pemuda Kreatif.
Editor di Pewarta Nusantara dan aktif sejak 2018.