Gempa 5,5 Skala Richter Guncang Lepas Pantai Wilayah California Utara

Avatar
Google News
Gempa Berkekuatan 5,5 Guncang Lepas Pantai Wilayah California Utara
Gempa Berkekuatan 5,5 Guncang Lepas Pantai Wilayah California Utara (Foto: Tangkapan Layar Google)

Pewarta Nusantara, California – Pada hari Minggu, gempa berkekuatan 5,5 skala Richter mengguncang lepas pantai wilayah California Utara.

Menurut US Geological Survey (USGS), gempa ini tidak menyebabkan laporan kerusakan atau cedera.

USGS melaporkan bahwa gempa terjadi pada kedalaman 10 km dan berpusat sekitar 108 km barat Petrolia, sebuah komunitas kecil dengan populasi sekitar 1.000 orang di Kabupaten Humboldt.

“Beberapa kota lain di wilayah yang jarang dihuni di California Utara juga melaporkan getaran ringan,” kata USGS, seperti yang dilansir oleh Reuters.

Gempa bumi merupakan peristiwa yang biasa terjadi di California. Gempa yang fatal terjadi di negara bagian ini adalah gempa berkekuatan 6,4 yang melanda California Utara hanya 5 km lepas pantai pada bulan Desember.

Gempa tersebut melukai setidaknya selusin orang dan menewaskan dua orang.

California merupakan wilayah yang rentan terhadap aktivitas seismik karena terletak di sepanjang Patahan San Andreas yang aktif.

Kewaspadaan terhadap gempa bumi dan kesiapan dalam menghadapinya penting bagi warga setempat.

Gempa bumi di daerah ini merupakan hal yang umum terjadi mengingat California terletak di sepanjang jalur patahan aktif San Andreas.

Meskipun gempa ini tidak melaporkan kerusakan serius, penting bagi warga setempat untuk tetap waspada dan siap menghadapi potensi gempa bumi di masa depan.