Sosok

Biografi Galileo Galilei, Seorang Filsuf, Astronom dan Metematikawan

Galileo Galilei

Pewartanusantara.com – Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan nama Galileo Galilei. Beliau adalah seorang pakar astronomi dan matematikawan yang terkenal pada abad pertengahan. Galileo Galilei juga salah satu tokoh filsuf dari Inggris yang mampu membuktikan dedikasinya sebagai ilmuwan sejati. Karena kerja kerasnya, keberadaanya sangat dikagumi samapai sekarang, dan biografi Galileo Galilei banyak dicari.

Riwayat Hidup Galileo Galilei

Galileo Galilei lahir di Italia pada hari sabtu tanggal 15 februari tahun 1564. Alamat Galileo berada di dataran kadipaten agung di daerah Tospana. Galileo pernah menempuh pendidikan di daerah Pisa, Italia tepatnya di Universitas Pisa. Lulus universitas Galileo mengembangkan ilmunya sesuai bidang yang dikuasainya seperti matematika dan astronomi.

Pada tahun 1589 Galileo memulai karirnya dengan mengajar di Universitas Pisa sebagai dosen matematika. Gallileo juga menjadi tenaga pengajar di lembaga lain seperti universitas Padua sebagai dosen geometri, astronomi serta mekanika. Galileo Galilei menjadi seorang dosen tidak lama karena pada tahun 1610 beliau berhenti mengajar dan mulai menekuni penelitian.

Secara umum, Galileo dikenal karena kiprahnya dalam perkembangan ilmu astronomi, matematika serta fisika. Tokoh filsafat ini sangat melejit karirnya di bidang intelektual, namanya tidak jarang dimuat pada buku pelajaran siswa-siswa di sekolah. Akan tetapi, pada tahun1642 belia tutup usia, tepatnya ditanggal 8 Januari. Beliau menghembuskan nafas terakhir pada usia 77 tahun.

Pemikiran Galileo Galilei

Galileo Galilei merupakan pendukung copernicus tentang rotasi bumi dan juga matahari yang menjadi pusat tata surya. Ia  pernah dianggap menyeleweng karena keyakinannya tersebut yang berbeda dengan orang pada umumnya. Beliau dianggap berbeda karena pada masa itu semua orang memiliki keyakinan sama dengan Aristotales.

Galileo selain seorang kontroversial juga sangat berbakat. Beliau orang yang ikut membesarkan ilmu sains dalam perkembangan modern. Galileo banyak melakukan hal-hal baru dalam ilmu sains seperti menemukan bintik matahari, serta melihat tiga satelit dalam tata surya seperti satelit jupiter lo dan calisto. Tokoh ini juga pernah mengamati Neptunus sebelum planet tersebut ditetapkan sebagai planet.

“I do not feel obliged to believe that the same God who has endowed us with sense, reason, and intellect has intended us to forgo their use.”

Galileo Galilei, Letter to the Grand Duchess Christina

Karya Galileo Galilei

Bukan rahasia lagi jika filsuf ini adalah penemu teleskop pertama di dunia, bahkan semua buku yang memuat biografi Galileo Galilei mencantumkan karyanya tersebut. Galileo adalah filsuf pertama yang memanfaatkan teleskop untuk menikmati keindahan langit. Melalui teleskopnya Galileo dapat menemukan keindahan tata surya mulai dari satelit, matahari dan planet-planetnya.

Ia juga mengembangkan ilmu kinematika menjadi lebih spesifik dan mudah diterima. Galileo memanfaatkan penemuannya kemudian dituangkan dalam rumus-rumus fisika maupun matematika untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan dalam kehidupan. Tokoh ini menulis semia pemikirannya dalam karya-karyanya mulai dari essay, buku hingga syair-syair.

Pengarung Galileo Galilei

Pada beberapa literatur tentang biografi galileo galilei, beliau pernah dipenjara karena pemikirannya yang berbeda dengan keyakinan orang pada umumnya. Galileo tidak patah semangat meskipun harus mendekam dipenjara, dia tetap mengembangkan keahliannya hingga dapat menemukan tata surya dan dapat dipelajari dalam ilmu Sains hingga saat ini.

Galileo juga mempengarui banyak ilmuan tentang salah satu pemikirannya dalam dunia astronomi. Menurut Galileo galaksi bima sakti dihuni oleh berjuta-juta bintang yang saling berkoordinasi menjadi sebuah rasi bintang. Melalui pemikirannya tersebut, banyak ilmuwan yang berbondong-bondong melakukan riset untuk mencari keberadaan tata surya. Akibat beberapa temuannya Galileo dinobatkan menjadi penasehat bagi seluruh astronom. Banyak yang menganggap Galileo sebagai bapak astronom.  Pada ilmu fisika Galileo telah mengenalkan hukum gerak tahap satu dan tahap dua. Hukum gerak yang dikenalkan Galileo saat ini disebut konsep dinamika.

Baca juga: Biografi Francis Bacon, Filsuf yang Sangat Mempengaruhi Peradaban

Tentang Penulis

Nurul Hidayat

Nurul Hidayat

Pegiat media sosial dan aktif dalam Persatuan Pemuda Kreatif.
Editor di Pewarta Nusantara dan aktif sejak 2018.