Fungsi dan Cara Gunakan Google Drive Baik di HP atau Laptop

Google News
Fungsi dan Cara Gunakan Google Drive Baik di HP atau Laptop
Fungsi dan Cara Gunakan Google Drive Baik di HP atau Laptop

Pewartanusantara.com – Anda sudah pernah menggunakan Google Drive? Google, perusahaan teknologi besar yang dikenal oleh banyak orang, memiliki berbagai layanan yang bisa membantu meningkatkan produktivitas para pengguna.

Salah satu layanan tersebut adalah Google Drive. Meskipun banyak yang sudah menggunakan Google Drive, belum tentu semua orang memahami sepenuhnya tentang layanan ini.

Google Drive merupakan layanan penyimpanan online yang dimiliki oleh Google, yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan berkas-berkas atau file secara online melalui internet.

Layanan penyimpanan online ini sangat berguna bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang bekerja di kantor atau yang membutuhkan penyimpanan file dengan kapasitas yang besar.

Dalam artikel ini, Anda dapat mengetahui lebih jelas tentang apa itu Google Drive, fungsinya, dan cara menggunakannya.

Pada umumnya, pengguna Google Drive tidak hanya dapat menyimpan file secara online saja, namun juga dapat berbagi file dengan pengguna lainnya secara efektif dan mudah, serta dapat melakukan backup file.

Hal ini tentu saja memberikan banyak manfaat bagi para pengguna Google Drive, seperti memudahkan dalam berkolaborasi dengan tim kerja, menghemat waktu dan tenaga, serta mencegah kehilangan data yang disimpan secara online.

Jika Anda ingin mengetahui lebih detail tentang apa itu Google Drive dan fungsinya, serta cara menggunakannya, Pewartanusantara dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk Anda.

Di sana, Anda dapat menemukan penjelasan yang lengkap dan mudah dipahami tentang Google Drive, sehingga Anda dapat memaksimalkan penggunaan layanan ini untuk keperluan pribadi maupun bisnis.

Google Drive Adalah?

Google Drive adalah layanan penyimpanan online milik Google yang dirilis pada tahun 2012.

Layanan ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mem-backup, dan mengedit file mereka sendiri atau file orang lain.

Dalam istilah teknologi server, Google Drive adalah layanan berbasis cloud yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan file mereka di internet.

Selain Google Drive, ada beberapa layanan penyimpanan file berbasis cloud lainnya seperti iCloud dari Apple, OneDrive dari Microsoft, Amazon Cloud Drive, dan Dropbox.

Namun, Google Drive menjadi salah satu layanan penyimpanan cloud yang cukup populer di kalangan pengguna.

Dalam layanan penyimpanan file online ini, Google Drive menyediakan layanan gratis dan berbayar. Layanan gratis ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan file hingga 15 GB.

Sedangkan untuk layanan berbayar, pengguna bisa meng-upgrade kapasitas penyimpanan mereka hingga 2 TB. Pengguna bisa memilih layanan berbayar sesuai dengan kebutuhan mereka.

Dalam penggunaan layanan ini, Google Drive secara otomatis akan tersinkronisasi dengan layanan Google yang lain seperti Gmail, Google Photos, dan Hangouts.

Hal ini memudahkan pengguna untuk menyimpan dan mengakses file mereka dari berbagai perangkat yang mereka gunakan.

Meskipun sudah banyak digunakan, masih banyak pengguna yang belum memahami betul tentang apa itu Google Drive dan fungsinya.

Sehingga, bagi pengguna yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai aplikasi penyimpanan ini, bisa membaca artikel yang tersedia di Pewartanusantara.

Artikel tersebut akan memberikan informasi secara rinci mengenai arti, fungsi, dan cara penggunaan Google Drive.

Fungsi Google Drive

Google Drive adalah sebuah layanan penyimpanan data online yang berbasis cloud yang memungkinkan penggunanya untuk mengakses dan menyimpan file secara online di mana saja dan kapan saja selama terhubung dengan internet.

Fungsi utama dari Google Drive adalah untuk mempermudah pengguna dalam mengakses dan menyimpan berbagai file yang tersimpan di server Google.

Sebagai layanan penyimpanan data online, pengguna bisa menghemat ruang penyimpanan di perangkatnya karena tidak perlu menyimpan file secara fisik di perangkat mereka.

Google Drive memungkinkan pengguna untuk menyimpan file dengan berbagai jenis format, seperti PNG, DOC, JPEG, PDF, MP4, XLS, dan format lainnya.

Bahkan pengguna tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk membuka file dengan jenis format tersebut.

Selain itu, layanan penyimpanan data online ini juga memiliki fitur sinkronisasi dengan aplikasi Google lainnya seperti Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides, sehingga memudahkan pengguna dalam berkolaborasi dengan orang lain.

Selain fungsi-fungsi dasar seperti menyimpan dan mengakses file, Google Drive juga memiliki fungsi untuk berkolaborasi dengan pengguna lain dalam mengedit dokumen atau file bersama-sama.

Pengguna bisa membagikan akses file ke pengguna lain dengan mudah melalui fitur berbagi yang tersedia di Google Drive.

Fitur ini sangat membantu bagi pengguna yang bekerja secara tim dan membutuhkan akses bersama ke file yang sama.

Selain itu, Google Drive juga memiliki fungsi untuk menyediakan ruang penyimpanan yang lebih besar dengan harga yang terjangkau.

Pengguna bisa mengupgrade kapasitas penyimpanannya hingga 2 TB dengan harga yang berbeda-beda tergantung kapasitas yang dibutuhkan.

Dengan layanan berbayar ini, pengguna bisa memiliki lebih banyak ruang penyimpanan dan fitur-fitur lain yang tidak tersedia pada layanan gratis.

Namun, untuk pengguna yang hanya menyimpan file dengan kapasitas kecil, kapasitas penyimpanan gratis hingga 15 GB sudah cukup memadai.

Dalam kesimpulannya, Google Drive memiliki berbagai fungsi yang sangat membantu dalam menyimpan dan mengakses berbagai jenis file secara online.

Selain itu, layanan penyimpanan data online ini juga memiliki fitur kolaborasi dan penyediaan kapasitas penyimpanan diantaranya sebagai berikut:

Selain fungsi utamanya sebagai tempat penyimpanan file secara online, Google Drive memiliki beberapa fitur yang cukup bermanfaat bagi penggunanya.

1. Berbagi File

Fitur pertama adalah berbagi file. Pengguna Google Drive bisa dengan mudah berbagi file dengan pengguna lainnya.

Dalam hal ini, pengguna bisa mengundang pengguna lainnya untuk melihat, mengedit, atau memberikan komentar pada file tersebut. Ini memungkinkan kolaborasi dalam pengolahan dokumen secara online.

Selain itu, Google Drive juga memiliki fitur untuk menyimpan link. Pengguna bisa menyimpan link yang sedang dibuka saat browsing di internet agar bisa dibuka kembali di kemudian hari.

Caranya cukup mudah, pengguna bisa memasang ekstensi Google Drive pada browser Google Chrome dan menyimpan link dengan mudah melalui ikon segitiga yang ada di browser.

3. Membuat Catatan di Google Keep

Fitur lainnya adalah membuat catatan di Google Keep. Pengguna bisa membuat catatan di aplikasi penyimpanan ini dan catatan tersebut akan tersimpan secara otomatis dengan aplikasi terhubung, yakni Google Keep.

Dengan adanya fitur ini, pengguna tidak perlu menggunakan aplikasi catatan lain jika ingin menulis sesuatu.

4. Backup File

Google Drive juga dapat digunakan untuk backup file. Pengguna bisa menyimpan seluruh dokumen atau data dengan nama tertentu pada aplikasi ini.

Hal tersebut akan sangat berguna jika perangkat seperti komputer, laptop, atau smartphone mengalami kerusakan.

5. Backup Chat WhatsApp

Selain backup file, pengguna juga bisa membackup chat WhatsApp ke aplikasi penyimpanan ini.

Pengguna bisa menyimpan riwayat percakapan dengan orang lain secara otomatis.

Hal ini memudahkan pengguna untuk mengakses kembali percakapan tersebut jika dibutuhkan.

6. Mengedit File

Terakhir, Google Drive juga memungkinkan pengguna untuk mengedit file. Pengguna bisa mengedit file Excel, Word, atau PowerPoint di aplikasi ini.

Pengguna bisa mengedit menggunakan aplikasi Google Sheets, Google Slides, atau Google Docs. Dan hasil editan file yang dilakukan akan otomatis tersimpan.

Dengan banyaknya fitur yang dimiliki Google Drive, aplikasi ini memudahkan pengguna dalam mengelola file secara online.

Dari backup file hingga fitur berbagi file, semuanya bisa dilakukan dengan mudah dan efisien melalui aplikasi penyimpanan yang satu ini.

Cara Menggunakan Google Drive Baik di Ponsel Maupun Laptop/Pc

Cara menggunakan Google Drive membutuhkan beberapa tahap dasar untuk memastikan pengguna dapat menggunakan penyimpanan file ini secara maksimal.

Salah satu langkah awal yang harus dilakukan adalah memastikan pengguna memiliki akun Gmail.

Jika pengguna belum memiliki akun Gmail, maka pengguna tidak dapat mengakses penyimpanan ini.

Namun, dengan memiliki akun Gmail, pengguna akan mendapatkan akses gratis sebesar 15 GB. Ruang penyimpanan ini dapat diperbesar dengan cara berlangganan atau membayar.

Untuk memperbesar kapasitas penyimpanan, pengguna dapat berlangganan hingga 2 T dengan membayar sebesar 8,40 dollar AS atau sekitar Rp 125 ribu per bulan.

Setelah pengguna memiliki akun Gmail, pengguna dapat langsung menggunakan penyimpanan file ini.

Ada beberapa cara mudah yang dapat dilakukan oleh pengguna untuk menggunakan aplikasi penyimpanan ini.

Cara Menggunakannya di Ponsel

  • Download Google Drive di Google Play Store atau App Store.
  • Buka aplikasinya, lalu log in akun Google atau Gmail.
  • Jika berhasil masuk, pilih ikon tambah. Lalu pilih file di memori ponsel yang ingin diunggah dan disimpan.
  • File yang berhasil diunggah dan bisa diakses kapan saja.

Cara Menggunakannya di Laptop

  • Buka situs google.com pada browser. Pastikan pengguna sudah login akun Google.
  • Di halaman awal, pilih menu yang terletak di samping foto profil. Lalu pilih Drive.
  • Halaman situs Google Drive akan otomatis terbuka.
  • Pilih ikon tambah. Lalu pilih file yang ingin diunggah dan disimpan.
  • File yang berhasil diunggah dan bisa diakses kapan saja.

Dengan memahami cara menggunakan Google Drive dengan baik, pengguna dapat mengoptimalkan penggunaan penyimpanan file ini.

Fitur-fitur yang disediakan oleh Google Drive akan mempermudah pengguna dalam berkolaborasi dengan orang lain dan membuat pekerjaan menjadi lebih efisien.

Itulah penjelasan menganai apa itu Google Drive dan fungsinya, beserta cara menggunakannya. Semoga bermanfaat.