News
115 Views

Embun Es Dieng Kembali Membeku Pagi Ini

Embun Es di Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah 16/09/2020

Pada musim kemarau ini, sudah beberapa minggu terakhir tidak muncul embun es. Tetapi hari ini suhu di Dieng turun sampai minus 5 derajat diukur menggunakan thermometer,

Embun Es di Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah 16/09/2020. (Foto: Dok. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara)

Detiknews, Banjarnegara – Dieng dikabarkan kembali membeku pagi ini (16/9/2020). Suhu di komplek Candi Arjuna turun mencapai minus 5 derajat celsius. Selain embun yang menempel di rumput membeku, air yang menggenang di atas plastik pun mengeras menjadi es.

Fenomena ini terjadi tidak hanya di lapangan Candi Arjuna, embun beku juga di area parkiran. Bahkan, atap Dharmasala terlihat memutih.

Baca juga: Perayaan Kebudayaan Jawa Tengan Dieng Culture Festival

Dilansir dari news.detik.com Agung “Pada musim kemarau ini, sudah beberapa minggu terakhir tidak muncul embun es. Tetapi hari ini suhu di Dieng turun sampai minus 5 derajat diukur menggunakan thermometer,” ujar Agung saat dihubungi detikcom, Rabu (16/9/2020).

Bahkan, ia juga menyebut embun es pagi ini terlihat tebal. Atap dharmasala di komplek Candi Arjuna terlihat memutih.

“Embun esnya ini terlihat lebih tebal. Dan embun yang membuka menjadi es tidak hanya yang di rumput tetapi air yang menggenang di plastik juga membeku,” jelasnya.

Embun Es di Dieng Banjarnegara Jawa Tengah 16/09/2020
Embun Es di Dieng Banjarnegara Jawa Tengah 16/09/2020 (Foto: Dok. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara)

Suhu udara mulai turun sejak tadi malam. Hal ini dirasakan Agung mulai dari jam 12 malam. Bahkan, dinginnya selolah sampai terasa menusuk.

“Suhu udara di Dieng sudah mulai turun sejak tadi malam. Rasanya sudah seperti menusuk. Ternyata jam 12 malam sudah minus,” tuturnya.

Sumber: news.detik.com

Tentang Penulis

Nurul Hidayat

Nurul Hidayat

Pegiat media sosial dan aktif dalam Persatuan Pemuda Kreatif.
Editor di Pewarta Nusantara dan aktif sejak 2018.