DJBC Mendukung UMKM dalam Meningkatkan Ekspor untuk Pertumbuhan Bisnis

Avatar
Google News
DJBC Mendukung UMKM dalam Meningkatkan Ekspor untuk Pertumbuhan Bisnis
DJBC Mendukung UMKM dalam Meningkatkan Ekspor untuk Pertumbuhan Bisnis - pewarta nusantara - (Foto: Vibiznews.com)

Pewarta Nusantara, JakartaDirektorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan terus memberikan dukungan kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam upaya meningkatkan ekspor.

DJBC telah mengimplementasikan beberapa program dukungan yang bertujuan untuk membantu UMKM dalam mengembangkan potensi ekspor mereka.

Salah satu program yang diberikan adalah Klinik Ekspor, di mana DJBC memberikan edukasi, literasi, asistensi, dan koordinasi kepada UMKM yang telah terlibat dalam kegiatan ekspor.

Program ini juga memberikan bantuan kepada UMKM yang baru akan memulai perjalanan ekspor mereka. Tujuan dari program ini adalah agar UMKM dapat menjadi pelaku ekspor mandiri dan meningkatkan kualitas dan kuantitas ekspor mereka.

Selain itu, DJBC juga meluncurkan program Interfirm Linkage, yang bertujuan untuk memperkuat kemitraan antara UMKM dengan perusahaan berorientasi ekspor di kawasan berikat.

Program ini membantu UMKM untuk terlibat dalam rantai pasok ekspor dan membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan perusahaan besar di sektor industri.

Solusi Logistik juga menjadi perhatian DJBC dalam mendukung UMKM. Kementerian Keuangan memiliki program National Logistic Ecosystem (NLE) yang bertujuan untuk membantu UMKM dalam mengurangi biaya logistik.

Dengan memanfaatkan value chains dan fasilitas tol laut, UMKM di daerah timur Indonesia dapat bersaing secara ekonomi dan mengurangi biaya transportasi, sehingga produk-produk mereka tetap kompetitif saat diekspor.

Selain itu, DJBC juga menggunakan balai laboratorium sebagai fasilitas untuk melakukan pemeriksaan kualitas produk. Balai laboratorium tersebut digunakan untuk menguji produk makanan, minuman, serta produk logam untuk memastikan kepatuhan terhadap standar kualitas dan komposisi.

DJBC telah menyediakan balai laboratorium dan satuan pelayanan (satpel) di berbagai daerah di Indonesia, termasuk Medan, Jakarta, dan Surabaya, untuk memfasilitasi proses pemeriksaan produk secara efisien.

Dukungan DJBC terhadap UMKM dalam hal ekspor menjadi upaya konkret untuk mendorong pertumbuhan bisnis UMKM dan mendorong pengembangan sektor ekspor Indonesia secara keseluruhan.

Baca juga: Luhut Bongkar Rahasia: Proposal Investasi Industri Mobil Listrik Senilai US$1,3 Miliar Terobos Pintu Masuk Indonesia!

Melalui program-program ini, diharapkan UMKM dapat semakin terlibat dalam kegiatan ekspor dan meningkatkan daya saing produk-produk Indonesia di pasar internasional. (*Ibs)