Pewarta Nusantara

Perayaan Kebudayaan Jawa Tengan Dieng Culture Festival

Dieng Cultural Festival
Dieng Cultural Festival

Festival Budaya dengan sinergisme antara unsur Budaya Masyarakat dan Potensi Wisata Alam Dieng memang selalu memukau dan menjadi daya tarik tersendiri. Pemberdayaan masyarakat lokal juga menjadi misi dasar pembentukan kegiatan kebudayaan ini.

PEWATA NUSANTARA – Dieng Culture Festival adalah Acara yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Jawa Tengah dan masyarakat lokal Dataran Tinggi tersebut. Aacara ini dilaksanakan setiap tahun, tepatnya pada bulan Agustus.

Rangkaian acaranya antara lain seperti, Ritual pemotongan rambut gimbal, penerbangan lampu lampion sebanyak 5000, festival kembang api, festival jazz di atas awan, film festival Dieng, serta berbagai pertunjukan kegiatan seni tradisional yang disajikan masyarakat setempat.

Dieng Cultural Festival
Dieng Cultural Festival

Festival Budaya dengan sinergisme antara unsur Budaya Masyarakat dan Potensi Wisata Alam Dieng memang selalu memukau dan menjadi daya tarik tersendiri. Seperti yang kita ketahui dataran tinggi ini memiliki panorama alam yang sangat memukau. Hal ini menjadi salah satu sumber kekayaan budaya Nusantara. Kompleks percandian yang terpamapang, menjadi spot wisata budaya yang selalu diincar penggila wisata. Dataran tinggi dengan suasana sejuk melengkapi kenyamanan anda dlam melepaskan kepenatan kerja atau yang berasal dari perkotaan. Pemberdayaan masyarakat lokal juga menjadi misi dasar pembentukan kegiatan kebudayaan ini.

Acara dengan kemeriahan diatas dataran tinggi ini digagas oleh Kelompok sadar Wisata yang melibatkan berbagai elemen masyarakat dan Dinas Terkait Kepariwisataan Jawa Tengah.

Dieng Culture Festival pertama kali digelar pada tahun 2010 lalu. Dilihat dari usianya perhelatan kebudayaan tahunan ini memang tergoong masih muda, namun antusias wisatawan sangat tinggi dalam memberikan apresiasi pada acara culture Festival ini.

Sebelum menjadi “Dieng Culture Festival” di dataran tinggi ini pernah mengadakan acara serupa. Namun, pada pelaksanaannya tentu tidak seperti acara yang telah dikembangkan saat ini.

Kegiatan budaya itu mulanya lebih dikenal dengan istilah “Pekan Budaya Dieng”. Memasuki tahun ketiga, nama event tersebut dirubah namanya oleh masyarakat lokal dan Kelompok Sadar Wisata menjadi Dieng Culture Festival.

Acara Culture Festival 2017 ini akan menyajikan berbagai macam kegiatan menarik. Kegiatan-kegiatan yang disajikan tentusaja tetap dalam nuansa budaya. kegiatan tersebut akan disajikan seperti biasanya,antara lain seperti Ruwatan atau Pemotongan Rambut Gimbal, Festival Menerbagkan sampai 5000 Lampion secara Serentak, Pesta Kembang Api, Festival Jazz Negeri di Atas Awan, Festival Film, Semua Acara Kesenian Daerah, dan masih banyak lagi yang akan di Tampilkan. Tahun ini Festival tersebut memasuki periode ke tuju 7.

Dieng Cultural Festival
Dieng Cultural Festival

Kegiatan Festival ini mungkin tidak banyak berubah, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya yang telah menggelar parade dan dikemas dalam nuansa budaya jawa. namun,  kali ini tentu saja akan lebih menarik dan lebih tertata dalam pelakasnaan acara budaya ini dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Dieng Culture Festival 2017 di perkirakan akan lebih meriah, hal ini tentunya akan semakin di serbu para wisatawan yang ingin mengikuti acara ini.

Nonton Streaming TV Online.
Erniyati Khalida

Erniyati Khalida

Penulis tetap di Pewarta Nusantara ( pewartanusantara.com ). Konten spesial Budaya Nusantara.

Advertisement

Advertisement