Cara Membuat Polling di WA Group dengan Mudah

Google News
Polling WA
Polling WA

Pewarta Nusantara – WhatsApp, sebagai aplikasi berbagi pesan yang saat ini sangat populer, telah mengeluarkan pembaruan terbaru yang memungkinkan pengguna, termasuk anggota grup, untuk membuat polling guna mencari suara terbanyak dalam mengambil keputusan. Cara membuat polling di WA sangat sederhana dan mudah dilakukan.

WhatsApp atau WA selalu memberikan inovasi baru dalam aplikasinya.

Sejak awal dirilis, aplikasi ini telah menarik perhatian banyak orang karena kemudahannya dalam penggunaan dan jarang mengalami gangguan.

Pembaruan terbaru yang dilakukan oleh WhatsApp memberikan fitur polling sebagai tambahan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat jajak pendapat dalam grup mereka dengan mudah dan efisien.

Dengan adanya fitur polling, pengguna dapat dengan cepat mengumpulkan pendapat dan preferensi dari anggota grup. Hal ini mempermudah proses pengambilan keputusan berdasarkan suara terbanyak.

Fitur polling di WhatsApp memberikan fleksibilitas dan kemudahan dalam mengorganisir dan mengelola diskusi grup.

Dengan pembaruan ini, WhatsApp terus memperbarui dan meningkatkan fungsionalitas aplikasinya untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam berkomunikasi dan berkolaborasi secara efektif.

Baca juga: Disappearing Message WhatsApp Artinya Apa? Berikut Penjelasan dan Cara Lengkapnya

Polling WA atau WhatsApp

WhatsApp, sebagai aplikasi berbagi pesan yang saat ini digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia, senantiasa berusaha untuk memberikan pembaruan dan fitur terbaru.

Awalnya, WhatsApp hanya berfungsi sebagai alat untuk bertukar pesan teks. Namun, kemudian mereka meluncurkan fitur stiker yang memperkaya pengalaman percakapan.

Selanjutnya, WhatsApp memperkenalkan fitur baru lainnya, seperti Voice Note, yang memungkinkan pengguna untuk berbagi pesan suara.

Mereka juga meluncurkan fitur Video Call yang sangat populer hingga saat ini, serta fitur Story yang memungkinkan pengguna untuk berbagi cerita tentang aktivitas mereka.

Fitur terbaru yang belum banyak diketahui oleh banyak orang adalah fitur Voting atau Polling, yang akan kita bahas kali ini.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah membuat pertanyaan dengan beberapa pilihan jawaban yang dapat ditentukan oleh semua anggota grup.

Dengan fitur polling, pengguna dapat dengan mudah mengumpulkan suara dari anggota grup dalam proses pengambilan keputusan.

Fitur ini sangat berguna ketika kamu perlu memilih sesuatu dalam situasi yang sulit, seperti ketika mengatur acara atau memilih tempat untuk berkumpul.

Fitur polling mengatasi masalah banyaknya pilihan dan jawaban yang dapat membuat keputusan sulit diambil.

Terutama dalam grup WhatsApp keluarga yang seringkali membingungkan, fitur polling sangat membantu.

Dengan fitur ini, kamu dapat dengan mudah melibatkan semua anggota grup dalam pemilihan suara atau polling, dan hasilnya dapat dilihat secara transparan oleh semua anggota grup.

Jadi, jika kamu ingin menggunakan fitur polling di WhatsApp, artikel ini akan memberikan langkah-langkah atau cara membuat polling di WA yang dapat kamu ikuti.

Dengan demikian, kamu dapat memanfaatkan fitur ini untuk memudahkan proses pengambilan keputusan dalam grup kamu.

Baca juga: Cara Membuat WhatsApp Blast Menggunakan Excel, 5 Menit Beres!

Cara Membuat Polling di WA Group

Bagi kamu yang ingin mengetahui cara melakukan polling di WA, berikut ini adalah langkah-langkahnya yang perlu kamu perhatikan dengan seksama:

1. Langkah pertama adalah klik ikon “Sematkan” yang terletak di sebelah ikon kamera pada kolom input teks.

Langkah 1 Membuat Polling WA
Langkah 1 Membuat Polling WA

2. Selanjutnya, tekan tombol atau ikon “Polling” yang tersedia di sana.

Langkah 2 Membuat Polling WA
Langkah 2 Membuat Polling WA

3. Kemudian, masukkan “Pertanyaan” yang ingin kamu ajukan kepada anggota grup.

Langkah 3 Membuat Polling WA
Langkah 3 Membuat Polling WA

4. Setelah itu, masukkan beberapa pilihan “Jawaban” yang dapat dipilih oleh anggota grup.

Kirim Polling Sebagai chat WA Group
Kirim Polling Sebagai chat WA Group

5. Setelah pertanyaan dan jawaban dibuat, cukup tekan tombol “Kirim” dan pertanyaan akan dikirimkan ke dalam grup.

Anggota grup nantinya dapat menjawab pertanyaan yang kamu ajukan dengan cara menekan teks pilihan yang tersedia. Secara otomatis, persentase dari setiap jawaban akan ditampilkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat dengan mudah melakukan polling di WhatsApp dan melihat hasilnya dalam bentuk presentase jawaban dari anggota grup.

Selain menggunakan fitur polling, kamu juga dapat melakukan voting untuk menentukan sesuatu dengan menggunakan emoji. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama, buatlah “Pesan Teks” yang berisi pertanyaan yang ingin kamu ajukan kepada anggota grup.
  2. Selanjutnya, buatlah “Pesan Teks” yang berisi opsi jawaban yang dapat dipilih oleh anggota grup. Buatlah jumlah jawaban sesuai dengan pilihan yang tersedia.
  3. Untuk menentukan jawaban, anggota grup perlu merespons dengan “Reaksi Emoji” seperti menggunakan emotikon jempol.
  4. Jumlah pemilih dapat dilihat di bagian bawah “Pesan Teks” yang kamu kirimkan kepada mereka.

Namun, cara kedua ini terbilang agak merepotkan dan sedikit rumit. Oleh karena itu, lebih baik menggunakan cara pertama dengan fitur polling saja.

Dengan cara tersebut, kamu dapat dengan mudah mendapatkan jawaban dari anggota grup atas beberapa pilihan yang ada.

Langkah-langkah Membuat Polling di WA yang Benar

Jika sebelumnya kita telah mengetahui langkah teknis untuk membuat polling di WhatsApp, kamu juga perlu mengetahui beberapa tips dan trik untuk membuat polling yang efektif agar dapat mendapatkan jawaban yang diinginkan.

Berikut adalah beberapa trik dalam membuat pertanyaan dalam polling. karena cara membuat polling di WA sangat sederhana dan mudah dilakukan:

  1. Pertama, pastikan untuk memberitahu atau mencapai kesepakatan dengan anggota grup bahwa hasil polling akan menjadi keputusan final yang tidak dapat diganggu gugat.
  2. Kedua, buatlah pertanyaan yang jelas, singkat, dan tidak membingungkan agar anggota grup dapat dengan mudah memahaminya.
  3. Ketiga, buatlah jawaban yang relevan dengan pertanyaan yang diajukan, dan usahakan agar jawaban tidak memihak pada satu pihak atau anggota grup tertentu.
  4. Keempat, pastikan setiap anggota grup memilih salah satu jawaban yang tersedia, dan jika tidak memilih, mereka harus menyetujui dan tidak memperdebatkan hasil polling yang akan dihasilkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pertanyaan dan jawaban dapat dengan mudah mencapai seluruh anggota grup, dan hasil polling akan diperoleh tanpa adanya perdebatan di masa depan.

Itulah informasi dan langkah-langkah mengenai cara membuat polling yang benar di WhatsApp.

Jika kamu kesulitan dalam menentukan sesuatu kepada anggota grup, kamu dapat memanfaatkan fitur ini untuk memudahkan proses pengambilan keputusan.