Sosok
117 Views

Biografi Vladimir Ilych Lenin, Sang Bapak Revolusi

Vladimir Lenin
Foto: New Frame

Pewartanusantara.com – Vladimir Ilyichi Ulyanov merupakan salah satu tokoh yang berasal dari Rusia yang terkenal oleh masyarakat dengan nama Vladimir Lenin. Dalam Biografi Vladimir Ilych Lenin, ia banyak disebut sebagai bapak revolusi karena semasa hidupnya pernah menjadi penggerak Revolusi Bolshevik. Berikut merupakan perjalanan hidup lenin.

Profil

Vladimir Ilyichi Ulyanov merupakan tokoh yang lahir pada tanggal 22 april 1870 di Rusia. Tokoh ini mengakhiri hidupnya pada tanggal 21 Januari 1924. Lenin lahir dari bapak bernama Ilya Nikolaevich Ulyanov dengan pasangannya yaitu ibu Maria Alexandrovna. Ia memiliki kakak yang bernama Alexander ulyanov. Ayah lenin merupakan seorang PNS dan ibunya seorang Dokter anak.

Tokoh ini memiliki 6 bersaudara dan memiliki keturunan bangsawan. Kehidupan lenin tidak jauh berbeda dengan teman-teman lainnya, dan masa kecilnya banyak dihabiskan dengan bermain. Lenin termasuk anak yang cerdas dengan hobby yang beliau tekuni adalah bermain catur. Bermain selancar dan menghabiskan waktu di pinggir Danau merupakan kegiatan keseharian Lenin masa kecil.

Menginjak masa remaja, lenin ditinggal oleh sang ayah dikarenakan mengidap penyakit otak. Sepeninggal ayahnya, perilaku Lenin banyak berubah. Lenin bahkan sempat tidak percaya kepada tuhan dan membuat kehidupannya semakin berantakan. Meskipun terpukul dengan kepergian sang ayah, Lenin tetap semangat untuk menata karirnya.

Karir Penggerak Revolusi

Berbicara tentang Biografi Vladimir Ilych Lenin tidak luput dengan perjalanan hidupnya mengenai radikalisasi politik. Vladimir Lenin tertarik dengan politik revolusioner bermula dari hukuman mati sang kakak yaitu Alexander Ulyanov tahun 1887. Alexander ulyanov menyebabkan Vladimir Lenin mengalami masalah demonstrasi mahasiswa di Universitas Khazan sehinggadi keluarkan dari kampusnya.

Penyebab dikeluarkannya Vladimir Lenin tidak membuat Lenin putus asa. Lenin dengan cepat bekerja sebagai pengacara pada tahun 1891. Tahun 1893 Vladimir Lenin pindah ke Sankt Paterburg untuk menjadi seorang tokoh di liga perjuangan untuk emansipasi kelas buruh.

Ketika berkarir ke Sankt Paterburg ia sempat dipenjara karena mengenal karya Karl Marx yang sempat dilarang di Rusia pada masa itu. Setahun dipenjara Vladimir Lenin kemudian dibuang kesungai Siberia pada tahun 1898. Vladimir Lenin selama di Siberia mempersunting seorang wanita yang bernama Nadezhda Krupskaya.

Karya

Selama dalam penjara Vladimir Lenin pernah menulis beberapa jenis jurnal sosial dimana salah satunya berjudul The Development Of Capitalism In Russia. Usaha lenin sempat akan gagal dan pernah melarikan diri ke Finlandia. Semangat lenin untuk mengadakan revolusi sangat tinggi, sehingga apapun akan dilakukan untuk meraihnya dan kembali ke Rusia pada tahun 1917.

Vladimir Lenin dalam karyanya selain sebagai penulis juga memiliki jiwa seni yang tinggi. Tidak lain lenin juga pandai dalam menggambar. Hingga sampai saat ini dalam Biografi Vladimir Ilych Lenin, selain sebagai bapak revolusi, ia juga terkenal sebagai arsitek pada tahun 1917.

Karya Vladimir Lenin sempat dikritik oleh banyak orang karena adanya gerakan Marxis. Lenin menutupi konflik tersebut dengan menuliskan materialisme dan empirio-kritisisme. Buku yang sempat beliau terbitkan yaitu tentang imeprialisme tahap tertinggi kapitalisme yang merupakan pemikiran lenin selama menjadi gerakan marxis.

“Unity is a great thing and a great slogan. But what the workers’ cause needs is the unity of Marxists, not unity between Marxists, and opponents and distorters of Marxism.”

Akhir Hidupnya

Akhir hidup Vladimir Lenin yaitu pada tahun 1924. Selama 3 tahun di masa akhir hidupnya lenin mengidap penyakit parah. Banyak penyakit yang dideritanya, diantaranya yaitu hiperakusis, insomnia, sakit kepala secara bertubi-tubi. Berbagai upaya sudah dilakukan akan tetapi tidak mebuahkan hasil. Lenin semakin frustasi dan pada akhirnya meninggal tanggal 21 januari 1924.

Baca juga: Biografi Karl Marx dan Pemikiran Filsafatnya

 

Tentang Penulis

Avatar

pewarta