Sosok
104 Views

Biografi Gottlob Frege, Ahli Logika Berkebangsaan Jerman

Gottlob Frege
Foto: Biblioteca Libertária

Pewartanusantara.com – Gottlob Frege dikenal sebagai matematikawan dan ahli logika yang berkebangsaan Jerman. Pemikirannya sangat berpengaruh terhadap filsafat abad ke-20. Berikut ulasan biografi Gottlob Frege yang menarik untuk Anda simak.

Riwayat hidup Gottlob Frege

Gottlob Frege merupakan seorang filsuf logika modern yang lahir pada tanggal 8 november 1848 di wismar, Jerman. Ayahnya bernama Karl Alexander Frege yang berperan sebagai pendiri sekolah untuk para gadis dan menjadi kepala sekolah tersebut. Ibunya bernama auguste wilhelmine sophie yang berprofesi sebagai guru di sekolah dan mengambil alih jabatan kepala sekolah saat suaminya meninggal.

Ada salah satu guru yang memiliki peranan penting terhadap karir Gottlob. Guru tersebut bernama Gustav Adolf Leo Sachse yang menyarankan Gottlob untuk meneruskan sekolah ke universitas of Jena. Pada tahun 1864-1869, Gottlob belajar di sekolah menengah yang bertempat di Wismar. Kemudian saat usianya remaja, ia bersekolah di University of Jena tahun 1869.

Pada tahun 1871-1873, Gottlob belajar di sekolah terkemuka dalam bidang matematika yaitu di university of gottingen. Setelah itu, Gottlob mendapatkan gelar doctor dan kembali ke universitas of jena untuk menjadi dosen. Semasa hidupnya, Gottlob membantu mendirikan gerakan analytic philosophy, logika, dan matematika modern.

Gottlob dijuluki sebagai bapak filsuf analitik. Ia juga memengaruhi para generasi ahli filsuf dan logika pada masa berikutnya. Generasi tersebut seperti ludwig wittgenstein, betrand russel, dan positivisme logis.  Pada tanggal 26 juli 1925, Gottlob Frege meninggal dunia di Bad kleinen, Jerman.

Pemikiran Gottlob Frege

Dalam berfilsafat, Gottlob menggunakan logika dan matematika. Gottlob juga menginvestigasi cara berbahasa untuk berkoneksi dengan dunia, struktur bahasa, dan mengeskpresikan pikiran agar bisa memperoleh pemahaman dengan baik. Menurutnya, matematika harus memiliki landasan analisis dan logika yang kuat. Dalam hal ini bukti-bukti harus dikemukakan dalam bentuk deduktif secara jelas.

Gottlob Frege melakukan sebuah perubahan logika dan para filsuf kontemporer masih memproses penanganan implikasinya. Dalam pemikirannya, ada salah satu yang sangat berpengaruh dalam kehidupan. Ide tersebut merupakan perbedaan antara arti (sense) dan acuan reference.

Gottlob Frege pernah menyusun notasi baru yang luar biasa untuk membantu menyempurnakan bentuk logis argumen para filsuf pada tahun 1879. Ia yakin bahwa logika mampu membantu dalam menyelesaikan tugas dengan baik. Buku yang berjudul Begriffsschrift adalah hasil dari penemuannya tentang pembilang notasi yang mampu menandai munculnya era logika modern.

Karya-karya Gottlob Frege

seorang tokoh filsuf dari jerman ini telah menghasilkan banyak karya pada abad ke-20 dan sangat populer pada masanya. Karyanya memiliki pengaruh terhadap kehidupan manusia. Dalam biografi Gottlob Frege, ada beberapa karya yang luar biasa dan sangat terkenal. Diantaranya karya tersebut adalah Fundamentos da aritmetica, Escritos filosoficos, Kleine schriften, dan Logical investigations.

Selain itu ada juga beberapa karya lain yang berjudul The frege reader, Ecrits posthumes, Eine der nachgebildete formelsprache des reinen denkens, Function and concept, dan Ecrits logiques et philosophiques. Beragam karya tokoh ini diterbitkan secara berkala dalam perjalanan hidupnya. Di samping karya yang sudah disebutkan pun, masih banyak karya lain hasil kiprahnya di bidang keilmuan.

“Thus the thought, for example, which we expressed in the Pythagorean theorem is timelessly true, true independently of whether anyone takes it to be true. It needs no bearer. It is not true for the first time when it is discovered, but is like a planet which, already before anyone has seen it, has been in interaction with other planets.”

Informasi biografi Gottlob Frege ini hingga kini masih banyak ditelurusi oleh berbagai kalangan. Tentu saja ini tidak lepas dari berbagai kiprahnya dalam bidang intelektual. Dari biografi di atas, selain mengetahui perjalanan hidupnya, Anda juga bisa menambah wawasan mengenai pemikiran filsafatnya. Tentu saja ada banyak pelajaran juga yang bisa diambil dari tokoh yang satu ini.

Baca juga: Biografi Simone de Beauvoir dan Beragam Karyanya

Tentang Penulis

Avatar

pewarta