Sosok

Biografi Friedrich Schiller sang Pujangga Jerman

Friedrich Schiller
Ilustrasi: Friedrich Schiller

Pewartanusantara.com – Jerman merupakan salah satu negara yang banyak menghasilkan tokoh-tokoh filsafat, salah satunya adalah Johann Christoph Friedrich Von Schiller. Tahukah Anda bahwa tokoh yang satu ini merupakan seorang pujangga Jerman yang karyanya berpengaruh besar di negara tersebut. Biografi Friedrich Schiller berikut ini akan mengenalkan Anda pada filsuf tersebut secara lebih terperinci.

Riwayat Hidup Friedrich Schiller

Tokoh filsafat Jerman ini lahir pada tanggal 10 November 1759 di sebuah kota kecil Marbach tepian sungai Neckar. Kota Marbach terletak di utara kota Stuttgart, yang merupakan negara bagian Baden Wurtemberg. Nama lengkapnya adalah Johann Christoph Friedrich Von Schiller. Ia adalah anak dari Letnan pasukan bangsawan Herzog Carl Eugen von Wurtttemberg, bernama Johann Caspar Schiller.

Friedrich Schiller kembali pada keluarganya di Weimar ada tahun 1799, kemudian mendirikan Teater Weimar. Pada tahun 1804 setelah menyelesaikan Wilhelm Tell dan mulai menulis Demetrius ia sering jatuh sakit. Kemudian pada tahun 1805 tepatnya pada bulan Februari ia kembali sakit keras. Friedrich Schiller meninggal pada tanggal 9 Mei 1805 akibat radang paru-paru, saat usianya 46 tahun.

Pendidikan Friedrich Schiller

Pada tahun 1766 Friedrich Schiller mulai bersekolah di Lateinschule, yaitu sekolah yang mempersiapkan muridnya untuk pekerjaan dalam bidang sosial atau untuk berkuliah di universitas. Sekolah ini terletak di kota Ludwigsburg. Setelah itu, pada tahun 1773 ia dipaksa untuk sekolah di Akademi Militer Hohe Karlsschule dan ini kali pertama ia berkuliah  hukum.

Friedrich Schiller kemudian mengganti jurusan dari hukum menjadi kedokteran. Pada saat itu ia telah membaca beberapa karya filosof terkenal diantaranya Yunani Plutarch, Rousseau, Shakespears dan Goethe. Setelah pada tahun 1779 permintaanya untuk berhenti dari Akademi Militer ditolak, tahun 1780 ia boleh meninggalkan Akademi untuk menyelesaikan desertasinya dan menjadi dokter militer.

Perjalanan Hidup Friedrich Schiller

Perlu Anda ketahui bahwa salah satu hal yang perlu diketahui dari biografi Friedrich Schiller adalah perjalanan hidupnya. Ia anak laki-laki satu-satunya dari enam bersaudara. Pada tahun 1763 ia dan keluarganya pindah karena Ayahnya harus bekerja di Schwabisch Gmun. Tidak lama kemudian keluarganya pindah ke Lorch karena merasa biaya hidup di Schwabisch mahal.

Keluarga Friedrich Schiller merupakan keluarga yang sangat religius, bahkan ketika kecil ia pernh berkeinginan untuk menjadi seorang pendeta tapi hal ini tidak terlaksana hingga ia dewasa. Pada tanggal 22 Februari ia menikah dengan Charlotte von Lengefeld dan mendapat gelar bangsawan pada tahun 1802. Ia memiliki dua orang anak yaitu Karl Friedrich Ludwig Ernst Friedrich Wihelm.

Karya-karya Friedrich Schriller

Friedrich Schiller adalah filsuf, penyair, dramawan, sejarawan dan dokter di Jerman. Ia merupakan seorang pujangga Jerman yang telah menghasilkan berbagai karya berbentuk drama, prosa, lirik, karya tulis filsafat, karya bertema sejarah, terjemahan dan adaptasi, serta majalah. Sementara itu, karya-karyanya yang terkenal diantaranya Die Rauber, Wallenstain, Marie Stuart dan Wilhel Tell.

Karya drama pertamanya yang terkenal berjudul Die Robber dan menjadi pelengkap dalam biografi Friedrich Schiller. Drama ini berisi tentang kritik terhadap adat yang menindas dan korupsi. Pada tanggal 13 Januari 1782 drama ini pertama kali dimainkan pada Teater Nasional. Pementasan ini menyebabkan dirinya dipenjara selama 14 hari karena tanpa meminta izin terlebih dahulu dari atasannya. Pada abad ke-18 Friedrich Schiller tidak hanya menjadi pencipta drama-drama besar, ia juga mendekatkan pembaca karya-karyanya pada ide kemanusiaan, akal budi dan kebebasan.

Tentang Penulis

Nurul Hidayat

Nurul Hidayat

Pegiat media sosial dan aktif dalam Persatuan Pemuda Kreatif.
Editor di Pewarta Nusantara dan aktif sejak 2018.