Sosok

Biografi Arthur Schopenhauer dan Perjalanan Hidupnya

Arthur Schopenhauer
Arthur Schopenhauer (Ilustrasi: Infonesia)

Pewartanusantara.com – Arthur Schopenhauer merupakan seorang Filsuf yang berasal dari Jerman. Schopenhauer menempuh pendidikan di Jerman, Prancis dan juga Inggris. Biografi Arthur Schopenhauer dikenal oleh orang banyak karena ia merupakan tokoh Filsafat yang mempunyai banyak karya dan hingga sampai saat ini bisa dijadikan acuan untuk belajar ilmu filsafat. Berikut biografi dan perjalanan hidup Schopenhauer tersebut.

Profil Arthur Schopenhauer

Arthur Schopenhauer atau biasa dikenal dengan nama Schopenhauer merupakan tokoh filsafat asal Jerman. Beliau lahir di Danzig pada tanggal 22 Februari 1788. Schopenhauer lahir ditengah keluarga pengusaha. Ayah dari Schopenhauer bernama Heinrich Floris Schopenhauer dan ibunya bernama Johanna Troisner.

Tokoh ini lahir dari keluarga pengusaha Schopenhauer sering berkunjung wisata ke berbagai Negara. Schopenhauer pada tahun 1797 hingga 1799 sempat tinggal di Prancis dan tahun 1803 berpindah ke Inggris. Seiring berpindahnya tempat tinggal, Schopenhauer banyak belajar berbagai bahasa.

Schopenhauer pada usia remajanya pernah disekolahkan di sekolah bisnis oleh sang ayah. Pengalaman di bidang perdagangan sempat ditekuni oleh Schopenhauer yang pernah magang di Danzig pada tahun 1804 kala itu. Beliau sempat berfikir bahwa menjadi seorang pengusaha merupakan karir yang tidak cocok bagi dirinya, sehingga Schopenhauer memutuskan untuk sekolah.

Tanggal 20 April 1805, diusianya yang ke-19 tahun, ia sempat masuk ke perguruan tinggi. Pada tahun yang sama ayahnya meninggal dikarenakan bunuh diri. Sepeninggalan ayahnya pada tahun 1807, Schopenhauer sempat pindah di Gotha, dan mempelajari bahasa Yunani sehingga mampu membaca bahasa Yunani dengan fasih.

Riwayat Pendidikan Arthur Schopenhauer

Berbicara Biografi Arthur Schopenhauer tentu tidak luput dengan riwayat pendidikan yang pernah beliau tekuni. Tahun 1809 Schopenhauer mulai menempuh jejang pendidikan di University of Gottingen dan mengambil fakultas kedokteran. Masa kuliah Schopenhauer tidak hanya mengambil kedokateran saja melainkan juga mengambil ilmu filsafat dan melewati masa pendidikan selama 2 tahun di Gottingen.

Schopenhauer pada tahun 1762 hingga 1814 pernah belajar di University of Berlin  yang diajar oleh Dosen bernama Johann Gottlieb Fichte dan Friedrich Schleiermacher. Unversitas ini banyak mengajari Schopenhauer tentang beberapa bidang keilmuan. Bidang ilmu yang semoat Schopenhauer pelajari adalah fisika, astronomi, psikologi, zoology, fisiologi, arkeologi, dan sastra.

Saat usia Schopenhauer saat menginjak 25 tahun, beliau telah menyelesaikan disertasinya dengan judul yang ia ambil berupa “The Fourfold Root of the Principle of Sufficient Reason”. Tahun 1813, Schopenhauer berpindah ke Rudolstadt disertasinya hingga kemudian beliau dianugerahi sebagai gelar doctor filsafat.

Karir Arthur Schopenhauer

Tahun 1814, Schopenhauer memulai karirnya sebagai penulis. Karya pertama yang beliau terbitkan yaitu pada tahun 1818 berupa buku dengan judul The World as Will and Representation yang memiliki arti Dunia sebagai Kehendak dan Gagasan. Pada tahun 1820, ia bekerja sebagai Dosen di kampus Universitas Berlin. Disana, ia mengajar kuliah tentang pemikiran filsuf terkenal dari Hegel.

Schopenhauer tidak lama bekerja sebagai, karena mahasiswa yang mengikuti kuliahnya hanya sedikit. Beliau dikeluarkan dari kampus tersebut dan berpindah ke Frankfrut pada tahun 1833. Pindahnya Schopenhauer ke Frankfrut dikarenakan adanya wabah kolera yang menyerang Berlin. Tinggal sendiri di Frankfrut tidak menjadi masalah bagi Schopenhauer untuk melanjutkan hidupnya.

Karya Schopenhauer yang paling melambung tinggi adalah buku dengan judul Senilia. Buku tersebut merupakan salah satu penghargaan bagi Schopenhauer. Di tengah masa tuanya Schopenhauer menghabiskan waktu untuk sendiri menikmati warisan berkat kekayaan ayahnya

Akhir Hidup Arthur Schopenhauer

Tahun 1860 kesehatan Schopenhauer semakin memburuk. Beliau meninggal pada 21 september tahun 1860 karena adanya penyakit jantung yang beliau derita. Hingga saat ini Biografi Arthur Schopenhauer dikenal oleh masyarakat sebagai tokoh filsafat.

Baca juga: Biografi George Wilhelm Friedrich Hegel, Bapak Filsuf dari Jerman

Tentang Penulis

Nurul Hidayat

Nurul Hidayat

Pegiat media sosial dan aktif dalam Persatuan Pemuda Kreatif.
Editor di Pewarta Nusantara dan aktif sejak 2018.