Apresiasi Mendes Halim Terhadap Relawan Desa Tanggap Bencana Diwek Jombang: Dukung Mitigasi Bencana dan Gelar Lomba untuk Masyarakat

Avatar
Google News
Apresiasi Mendes Halim Terhadap Relawan Desa Tanggap Bencana Diwek Jombang: Dukung Mitigasi Bencana dan Gelar Lomba untuk Masyarakat
Apresiasi Mendes Halim Terhadap Relawan Desa Tanggap Bencana Diwek Jombang: Dukung Mitigasi Bencana dan Gelar Lomba untuk Masyarakat - pewarta nusantara - (Foto: Istimewa)

Pewarta Nusantara, Jombang – Mendes Halim Memberi Apresiasi untuk Relawan Desa Tanggap Bencana di Diwek, Jombang.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar, memberikan apresiasi terhadap terbentuknya Relawan Desa Tanggap Bencana (Destana) di Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang.

Destana memiliki peran penting dalam memberikan pertolongan dan bantuan darurat kepada korban bencana sebelum bantuan resmi dari pemerintah atau lembaga lainnya tiba.

Dalam lokakarya dan pelatihan relawan Destana, Mendes Halim menyampaikan apresiasinya dan berencana mengadakan lomba mitigasi bencana di Kecamatan Diwek sebagai bentuk dukungan dan mendorong partisipasi aktif masyarakat.

Destana di Kecamatan Diwek menjadi satu-satunya yang ada di Indonesia, sehingga Mendes Halim berharap lomba ini akan menjadi motivasi bagi masyarakat Desa Diwek dan memberikan contoh terbaik dalam penanganan bencana.

Mendes Halim juga menyoroti pentingnya penanganan bencana di tingkat desa. Menurutnya, masalah bencana selalu ada di semua tingkatan, termasuk di desa-desa.

Oleh karena itu, mitigasi bencana harus dilakukan secara masif dan tidak hanya terfokus pada bencana alam, tetapi juga bencana non-alam dan bencana sosial.

Gus Halim berharap agar penanggulangan bencana dapat dimulai dari upaya mitigasi yang melibatkan pemahaman masyarakat tentang potensi bencana, persiapan evakuasi, dan pengawasan terhadap lingkungan sekitar, termasuk pesantren.

Lokakarya dan pelatihan ini dihadiri oleh kepala desa, sekretaris desa, serta jajaran Forkopimda Kabupaten Jombang, dan warga masyarakat Kecamatan Diwek.

Baca juga: Presiden Jokowi: Indonesia Emas 2045, Misi Besar yang Harus Dijalankan dengan Kepemimpinan Berkelanjutan!

Dengan adanya Destana, diharapkan penanganan bencana di wilayah tersebut dapat ditingkatkan secara efektif dan berkelanjutan. (*IBs)