Apa itu Telerobotic Surgery?

Avatar
Google News
Telerobotic Surgery
Telerobotic Surgery (Foto: Pewarta Nusantara/Alfi Fajrin)

Pewarta Nusantara, Indonesia – Telerobotic Surgery adalah sebuah teknologi medis yang memungkinkan dokter bedah untuk melakukan operasi secara jarak jauh dengan menggunakan sistem robotik.

Dalam telerobotic surgery, dokter bedah menggunakan perangkat kontrol yang terhubung dengan robot yang ada di ruang operasi.

Melalui kontrol tersebut, dokter dapat mengoperasikan robot dan melakukan prosedur bedah dengan presisi tinggi.

Teknologi ini memungkinkan dokter bedah untuk mengatasi hambatan geografis dan jarak, sehingga mereka dapat melakukan operasi pada pasien yang berada di lokasi yang berbeda.

Sistem telerobotic surgery terdiri dari instrumen bedah yang dilengkapi dengan sensor dan kamera, serta sistem telekomunikasi yang mengirimkan sinyal dari tempat dokter berada ke robot yang ada di ruang operasi.

Dengan bantuan teknologi telerobotic surgery, dokter bedah dapat melakukan operasi dengan tingkat akurasi yang tinggi, mengurangi trauma pada pasien, memperkecil risiko komplikasi, dan memperpendek waktu pemulihan.

Selain itu, teknologi ini juga memungkinkan kolaborasi antara dokter bedah di berbagai lokasi, sehingga mereka dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam melakukan prosedur bedah yang kompleks.

Meskipun teknologi ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas layanan bedah, namun penggunaannya masih terbatas dan memerlukan infrastruktur yang memadai, ketersediaan tenaga medis yang terlatih, serta keamanan dan keandalan sistem yang tinggi.