Advertising Online Untuk Kampanye Pilpres, Pileg, pilgub, Pilbup 2024

Google News
Advertising Online

Pewartanusantara.com – Advertising Online istilah baru sejak era media sosial marak digunakan. Advertising Online menjelma menjadi strategi platforms media paling efektif dalam penggalangan opini di dunia maya untuk menjual sebuah produk dalam melakukan promosi. Namun tidak hanya digunakan dalam berbisnis, strategi platforms tersebut juga sering digunakan oleh kalangan tertentu untuk membantu kampanye dalam berpolitik.

Advertising Online

Advertising Online

Apa yang dimaksud dengan advertising online? Apa itu advertising online dan contohnya? Apa fungsi advertising online? Advertising online adalah sebuah strategi pemasaran melalui situs web, media sosial, platforms online dengan kemasan tampilan yang menarik, agar khalayak umum dapat mengetahui hadirnya produk tersebut dan mengajak mereka untuk merespon apa yang dipasarkan.

Keberadaan media sosial, telah banyak mengubah strategi dan taktik untuk mendulang suara dalam ajang konstalasi politik di Indonesia. Sejak ajang pilpres, pileg, pilgub, pilbup 2014 hingga 2019, pemanfaatan media soial sebagai kampanye politik di indonesia terus menunjukkan tren peningkatan yang luar biasa. Bila dibandingkan dengan kampanye seperti spanduk, baliho, selebaran, iklan koran, hingga pengumpulan massa.

Dalam laporan berjudul Essential Insights Into Internet, Social Media, Mobile, and e-Commerce Use Around the World yang dirilis We Are Social, sebuah perusahaan media riset yang berbasis di Inggris, pada 2017 pengguna media sosial aktif di Indonesia mencapai 132 million jiwa, dan Tahun 2021 Pengguna media sosial aktif 170 million, 61,8% dari jumlah populasi manusia di Indonesia. Dari angka tersebut, sebagian besar memanfaatkan Youtube, Facebook, Whatsapp, Instagram, Twitter, hingga Tiktok. Jadi dalam sehari, di Tahun 2021 setiap umat manusia Indonesia rata-rata menghabiskan waktu 8 jam sampai 3 jam untuk mengakses media sosial, jumlah pengguna media sosial di Indonesia yang sedemikian besar tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi tim kontestan politik.

Sekilas sejarah, advertising atau jasa periklanan bukanlah sebuah strategi yang baru muncul pada 10 atau 20 tahun kebelakang, melainkan sudah ada sejak manusia ada. Bentukan asli dari iklan adalah “dari mulut ke mulut” atau “word-of-mouth” seperti yang biasa kita kenal dengan istilah advertising. Bila ada barang bagus yang kita pakai, pasti kita akan memberitahu teman-teman kita dan orang-orang di sekitar kita untuk mencoba produk yang sama untuk mendapatkan manfaat yang sama dengan kita. Kemudian pada abad ke-15 dan ke-16, jasa periklanan mulai diperkenalkan dalam bentuk media cetak yaitu percetakan surat kabar.

Ketika jasa advertising pertama muncul, layanan yang ditawarkan hanyalah ruang bagi perusahaan komersil untuk mempromosikan materi mereka di media yang ada. Dengan demikian, materi yang diterbitkan adalah yang disediakan oleh masing-masing perusahaan. Namun sekarang kita bisa melihat bahwa layanan yang ditawarkan oleh pihak jasa advertising semakin berkembang. Servis yang diberikan saat ini merambah pada pembuatan tulisan, desain, hingga layanan publish. Berikut adalah layanan advertising online yang bisa anda pakai.

Baca Juga : Pinjaman Online OJK Bunga 0% Sampai 0,8% Yang Resmi 2022

Google Ads

Google Ads Buat Apa? Berapa biaya iklan di Google Ads? Apakah Google Ads berbayar? Google Ads apa saja? Google Ads merupakan salah satu platform advertising online berbayar yang paling banyak digunakan, sebab dipercaya memberikan banyak manfaat. Ada banyak keuntungan yang akan anda dapatkan ketika menggunakan Google Ads sebagai layanan advertising online untuk apapun bisnis dan kepentingan anda. Di antaranya dapat meningkatkan penjualan, mendatangkan traffic kepentinganmu, dan memuluskan jalan kepentingan anda untuk mencapai tujuan. Sayangnya, tidak semua orang dapat leluasa menyiapkan advertising online Google Ads. Tapi jangan khawatir, sekarang sudah banyak layanan advertising online Google yang bisa membantu Anda beriklan di Google.

Advertising Online layanan Google Ads akan membantu para kompetitor menampilkan iklan kepada pelanggan yang menelusuri kata kunci tertentu yang cocok dengan penelusuran Google Maps. Beriklan dengan Google Ads hanya membayar untuk klik, yang dikenal sebagai bayar per klik atau disebut dengan PPC. Propaganda advertising online Google ini memungkinkan agensi pemasaran digital untuk menetapkan anggaran bulanan dan audiens target yang diinginkan.

Google Ads dibagi menjadi 5 jenis propaganda: propaganda terhadap Jaringan Penelusuran, Jaringan Display, propaganda Belanja, propaganda Video, dan Aplikasi. Setiap jenis propaganda atau manuver yang disesuaikan dengan kebutuhan agensi digital dan pengiklan. Advertising online dalam layanan Google Ads terbukti memberikan hasil yang luar biasa dalam pemasaran digital yang dilakukan oleh agensi digital.

Ada beberapa alasan mengapa penggunaan advertising online di Google Ads bermanfaat untuk pengembangan kepentingan kompetitor dalam dunia online. Meningkatkan awareness secara signifikan, salah satu cara terbaik untuk memberi tahu calon buyer tentang produk anda adalah melalui advertising online Google Ads, advertising online di Google Ads dapat mengarahkan para calon buyer untuk tertarik dengan produk serupa ke situs web atau halaman milik anda.

Advertising online layanan Google Ads tersedia untuk berbagai jenis skala usaha, dan melalui advertising online Google Ads dapat digunakan oleh segala jenis usaha, mulai dari usaha kecil, usaha besar hingga usaha diatas angin. Advertising online Google ads Iklannya dapat dibuat secara fleksibel, dapat dimulai dan dihentikan kapan saja sesuai dengan keinginan agensi digital.

Advertising online Google Ads juga cocok untuk berbagai perangkat lunak, sehingga Anda dapat menemukan iklan yang ditemukan di berbagai media berjenis online. Dapat memperoleh target konsumen secara spesifik, advertising online Google Ads adalah alat periklanan yang memberi para kompetitor memiliki kendali atas siapa yang melihat iklannya, dan iklan tersebut akan muncul ditempat mana. Lebih cepat dari SEO, dengan menggunakan layanan advertising online Google Ads iklan anda akan dengan mudah muncul di halaman pertama sesuai dengan kata kunci yang anda inginkan.

Dengan kata kunci yang tepat, iklan yang ditempatkan oleh agensi digital Anda dapat mendorong banyak klik ke situs web atau halaman milik anda. Salah satu kelebihan dari layanan advertising online Google ads adalah, para kompetitor dapat mengatur budget anggaran yang tersedia.

Advertising online Google ads adalah penyedia iklan yang menggunakan sistem pay per click atau disebut PPC. Dengan sistem ini, para kompetitor dan pemilik kepentingan hanya akan membayar sesuai klik yang diterima, sehingga propaganda yang dijalankan akan menjadi lebih efisien dengan anggaran tersedia yang bisa kita atur. Jadi, sistem ini memungkinkan anda dapat untuk mengetahui mana propaganda yang berhasil dan mana yang kurang berhasil.

Bagaimana cara daftar, membuat iklan dan pembayaran di Advertising Online Google Ads, Begini caranya :

1. Klik Google Ads

klik google ads

2. Buat Akun Google

Buat akun google

3. Klik Goal

Goal pertama, menghubungi melalui telepon

4. Pilih Jangkauan Lokasi

5. Pilih Kategori

6. Membuat Copy Iklan

Google membatasi jumlah karakter dalam teks iklan. Judul bisa sampai 30 karakter. Iklan dapat berisi hingga 80 karakter. Iklan harus dibuat singkat, padat, struktur, masif, menarik dengan karakter yang terbatas, dengan petunjuk yang jelas untuk dilihat oleh calon konsumen dan apa yang harus dilakukan.

7. Masukkan Photo, dan Pilih Photo Terbaik

8. Tentukan Anggaran dan Pilih Metode Pembayaran

Tentukan Anggaran
Pilih Metode Pembayaran

Facebook Ads

Facebook Ads

Apa yang dimaksud dengan advertising online Facebook Ads? Apa manfaat Facebook Ads? Advertising online Facebook Ads merupakan sebauh layanan iklan nggak gratis di platforms Facebook dengan tampilan penempatan iklan pada bagian sidebar atau beranda. Bentuk dari iklan yang ada di Facebook banyak ragam variannya, mulai dari teks, foto, video, dan sejenisnya.

Tujuan menggunakan layanan advertising online di Facebook Ads pun beragam, mulai dari untuk meningkatkan impression, brand awareness. peningkatan traffic, lead, dan sejenisnya. sebab pengguna Facebook makin kesini mengalami peningkatan yang sangat signifikan, tidak mengherankan bila semakin kesini jumlah kompetitor yang melakukan promosi menggunakan media Facebook juga semakin membeludak. Keuntungan yang akan anda dapatkan dari layanan advertising online di platforms Facebook bisa dibilang sangat menguntungkan.

Berapa biaya untuk membuat Facebook Ads? Dengan bayar Rp 10.000,- Anda sudah bisa menyewa iklan. Bagaimana Menggunakan Facebook Ads? Tahap pertama yang harus Anda lakukan saat akan menggunakan advertising online layanan Facebook Ads pertama kali adalah membuat halaman di Facebook. Setelah membuat halaman di Facebook, kini Anda sudah bisa mulai membuat iklan di layanan advertising online Facebook Ads. Beginilah cara menjalankan advertising online Facebook Ads.

  1. Buka Advertising Online Facebook Ads

Langkah pertama, log in ke akun Facebook pilih pembuatan iklan terpadu, masuklah ke halaman tersebut dan anda akan melihat tool pilihan pembuatan iklan terpadu dan pembuatan iklan cepat, pilihlah pembuatan iklan terpadu, agar anda akan dapat mengatur secara spesifik, antara lain peningkatan kesadaran yang signifikan akan brand awareness, traffic ke website, jangkauan yang meluas dan peningkatan konversi. Kalau sudah menentukan tujuan, tinggal klik saja pilihlah sesuai dengan kebutuhan.

  1. Pemilihan Jenis Iklan Facebook

Pada halaman pembuatan iklan yang ada di advertising online Facebook, ada 2 pilihan, iklan uji split dan iklan pengoptimalan anggaran. Hanya 1 yang bisa anda pilih sebab kedua jenis iklan ini tidak bisa di klik dan dijalankan dalam satu waktu secara bersamaan. Saat menjalankan campaign, perlu ada nama untuk memudahkan dalam melakukan pemantauan dan analisis hasil iklan. Selanjutnya tentukan tujuan trafik atau kunjungan audiens agar bisa diarahkan ke salah satu advertising online platform media sosial Instagram, website, Whatsapp, dan lain sejenisnya.

Bila advertising online platforms media yang Anda jalankan memiliki promo, maka centanglah pilihan promo yang tersedia tersebut.

  1. Tentukan Target, Format Iklan, dan Deskripsi Pemilihan Jadwal

Penentuan target audiens dilakukan agar pemasangan iklan lebih terarah dan spesifik. Sesuaikan produk yang hendak diiklankan dengan target yang tepat. Misalnya, makanan sehat untuk bayi ditargetkan kepada para ibu muda usia 20 hingga 30 tahun. Sementara fashion yang kekinian bisa diarahkan ke remaja usia 17 tahun sampai 25 tahun. Selain berdasarkan usia, penentuan lokasi jangan lupa diatur (kabupaten, kota, negara), profesi, hobi, jenis kelamin. Untuk pilihan penempatan lokasi, sebaiknya pilih yang otomatis saja, percayalah bahwa Facebook akan memberikan area terbaiknya.

Pemilihan jadwal pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. Sementara untuk format iklan bisa dalam bentuk, karosel, gambar tunggal, video, tayangan slide, dan lain sejenisnya. Selanjutnya, Anda bisa memulai dengan pemilahan gambar, penulisan judul, dan masukkan link dan tautan yang ingin dituju tersebut.

  1. Cara Pembayaran Iklan Facebook

Ketika semuanya sudah siap, saatnya kini melakukan pembayaran. Anda hanya perlu melakukan deposit di akun Facebook Ads, nanti Facebook tinggal mengurangi saldo yang tersedia sesuai dengan anggaran yang sudah ditetapkan. Pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan kartu kredit, debit card, atau menggunakan aplikasi pembayaran pihak ketiga.