Budaya

Rumah Adat Kajang Leko Jambi

Ramah Kajang Leko Jambi
Ramah Kajang Leko Jambi

Pewartanusantara.com – Jambi adalah salah satu provinsi yang masih memegang erat budaya Melayu. Tidak hanya dalam kebiasaan sehari-hari. Namun, dalam masalah rumah huniannya masih lekat dengan tradisi melayu. Anda bisa menemukan dengan mudah rumah adat Kajang Leko di beberapa perkampungan. Misalnya di kampung Lamo atau Kampung Bathin.

Rumah Kajang Leko adalah rumah panggung yang mempunyai keunikan tersendiri. Tidak hanya bentuknya yang panjang. Ada bisa melihat keunikan lainnya dari kontruksi bangunan rumah adat ini. Dimana atapnya berbentuk melengkung mirip dengan perahu. Orang Jambi menyebutnya dengan Gajah Mabuk. Hal yang mengacu pada cerita dari orang yang pertama kali membuat rumah Kajang Leko.

Nah, pada langit lahir yang menjadi pembatas dengan atap disebut tebar layar. Fungsinya sangat jelas sebagai penahan bila mana hujan merembes. Atau bisa juga dipakai sebagai tempat penyimpanan peralatan. Sedangkan bagian dindingnya terdapat ukiran dari kayu. Pintunya terdiri dari 3 jenis, pintu tegak, masi dinding dan balik melintang.

Ketika masuk rumah Kajang Leko ini, maka di dalamnya terbagi menjadi 8 ruangan. Ruangan tersebut diantaranya sebagai berikut ;
Ruang jagong. Ruangan ini mempunyai fungsi untuk tempat beristirahat seluruh anggota keluarga. Selain itu bisa pula dipakai sebagai tempat dalam menyimpan air.

Serambi depan. Tempat untuk menjamin dan menerima pada tamu. Akan tetapi untuk ruangan ini hanya dikhususkan untuk tamu pria saja.
Serambi dalam Ruang yang mana dipakai sebagai kamar untuk tidur bagi anggota keluarga laki laki.

Amben Melintang. Ruangan khusus untuk kamar pengantin.
Serambi belakang. Kalau serambi bagian belakang ini adalah ruangan yang dipakai sebagai tempat tidur untuk anak perempuan belum nikah.
Laren merupakan ruangan yang difungsikan untuk tamu wanita.
Garang, adalah ruangan yang bisanya dipakai untuk mengolah makanan serta menyimpan berbagai bahan makanan.

Sedangkan yang terakhir ialah dapur. Tempat untuk memasak berbagai hidangan khas dari Jambi.

Rumah Adat Jambi kajang leko12

Itulah dari beberapa bagian yang ada dalam Rumah Kajang Leko. Rumah adat provinsi Jambi ini masih sangat erat dengan aturan adat. Makanya tiap ruangan dalam rumah ini mempunyai fungsi yang berbeda-beda dan harus ditaati sebagaimana adat istiadat yang berlaku.

Tentang Penulis

Avatar

Erniyati Khalida

Penulis tetap di Pewarta Nusantara ( pewartanusantara.com ). Konten spesial Budaya Nusantara.