10 Rekomendasi AI untuk Edit Video: Buat Video dengan Mudah

Google News
10 Rekomendasi AI untuk Edit Video: Buat Video dengan Mudah
10 Rekomendasi AI untuk Edit Video: Buat Video dengan Mudah

Pewarta Nusantara – Teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) semakin berkembang dan telah diterapkan dalam berbagai bidang, termasuk dalam editing video.

Dengan bantuan AI, proses editing video menjadi lebih cepat dan efisien. Namun, dengan banyaknya pilihan AI yang tersedia untuk editing video, mungkin agak sulit untuk menentukan yang terbaik.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi AI terbaik yang dapat membantu Anda dalam menghasilkan video berkualitas.

Rekomendasi AI Video Editor: 10 Aplikasi yang Mudah Edit Video

Terdapat 10 rekomendasi AI untuk editing video yang dapat Anda pertimbangkan. Teknologi AI dalam editing video memungkinkan pengenalan wajah, penghapusan noise, dan perbaikan warna secara otomatis.

Salah satu pilihan teratas adalah Adobe Premiere Pro, sebuah perangkat lunak editing video profesional yang memiliki fitur-fitur canggih berbasis AI.

Selain itu, DaVinci Resolve juga merupakan pilihan yang sangat baik, terutama bagi para profesional dalam industri video editing.

Dengan menggunakan teknologi AI, Anda dapat meningkatkan kualitas video Anda dengan lebih mudah dan efisien. Pilihlah AI yang sesuai dengan kebutuhan Anda, baik itu perangkat lunak desktop atau aplikasi mobile, dan eksplorasi berbagai fitur yang ditawarkan untuk menciptakan video yang berkualitas tinggi.

 

1. Lumen5: Platform Video Editing Online dengan Teknologi AI

Lumen5 LOGO PNG
Lumen5: Platform Video Editing Online dengan Teknologi AI

Lumen5 adalah sebuah platform video editing online yang menggabungkan kecanggihan teknologi kecerdasan buatan (AI). Dengan Lumen5, Anda dapat membuat video dengan cepat dan mudah, tanpa perlu memiliki pengalaman atau keterampilan khusus dalam editing video.

Cukup dengan memasukkan teks atau artikel yang ingin Anda ubah menjadi video, Lumen5 akan secara otomatis membuat video yang sesuai dengan konten tersebut.

Salah satu fitur unggulan dari Lumen5 adalah Smart Scene Builder. Fitur ini memanfaatkan teknologi AI untuk membantu Anda memilih gambar dan video yang sesuai dengan teks atau artikel yang Anda masukkan.

Dengan adanya Smart Scene Builder, Anda dapat dengan mudah menemukan elemen visual yang relevan dan menarik untuk menggambarkan isi dari teks atau artikel Anda.

Hal ini membantu dalam menciptakan video yang menarik dan menyampaikan pesan dengan efektif.

Selain itu, Lumen5 juga menyediakan berbagai pilihan template yang dapat Anda gunakan sebagai dasar dalam membuat video.

Template-template ini dirancang secara profesional dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Dengan menggunakan template-template yang telah tersedia, Anda dapat dengan cepat menghasilkan video yang memiliki tata letak yang menarik dan berkesan.

Dalam era digital yang dipenuhi dengan konten-konten visual, Lumen5 menjadi solusi praktis bagi mereka yang ingin membuat video dengan mudah.

Dengan teknologi AI yang terintegrasi, platform ini dapat menghemat waktu dan usaha dalam proses pembuatan video. Lumen5 memungkinkan siapa saja, baik itu individu maupun bisnis, untuk menghasilkan video berkualitas dengan cepat dan efisien.

Akses Lumen5 di situs resminya https://lumen5.com/

2. Magisto: Aplikasi Editing Video dengan Teknologi AI untuk Smartphone

Magisto LOGO PNG
Magisto: Aplikasi Editing Video dengan Teknologi AI untuk Smartphone

Magisto merupakan sebuah aplikasi editing video yang dapat digunakan di smartphone dengan sistem operasi Android dan iOS.

Dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI), Magisto memudahkan pengguna dalam proses pengeditan video.

Pengguna hanya perlu memilih gambar dan video yang ingin digunakan, dan aplikasi ini akan secara otomatis menghasilkan video berkualitas tinggi dengan bantuan teknologi Artificial Intelligence.

Salah satu fitur unggulan dari Magisto adalah Facial Recognition, yaitu fitur yang menggunakan teknologi AI untuk mengenali wajah-wajah yang muncul dalam video Anda.

Dengan adanya fitur ini, Anda dapat dengan mudah menyoroti atau memberikan fokus pada wajah-wajah tersebut dalam video Anda.

Fitur Facial Recognition ini dapat memberikan pengalaman pengeditan yang lebih personal dan memudahkan dalam menciptakan video yang berkesan.

Selain itu, Magisto juga menyediakan berbagai pilihan gaya dan tema yang dapat digunakan dalam mengedit video. Anda dapat memilih gaya dan tema yang sesuai dengan suasana atau konten video yang ingin Anda hasilkan.

Dengan adanya variasi gaya dan tema ini, Anda dapat menyesuaikan video Anda agar sesuai dengan konsep dan tujuan yang Anda inginkan.

Magisto menjadi pilihan yang menarik bagi pengguna smartphone yang ingin mengedit video dengan mudah dan cepat. Dengan teknologi AI yang terintegrasi, aplikasi ini memberikan kemudahan dan kualitas yang lebih baik dalam proses pengeditan video.

Magisto memungkinkan pengguna untuk menghasilkan video berkualitas tinggi dengan sentuhan profesional tanpa memerlukan pengetahuan teknis yang mendalam dalam editing video.

Akses situs resmi magisto di https://www.magisto.com/connect

Download Magisto di Play Store https://play.google.com/store/apps/details?id=com.magisto

3. Animoto: Platform Video Editing Online dengan Teknologi AI untuk Membuat Video Berkualitas

Animoto - Platform Video LOGO PNG
Animoto: Platform Video Editing Online dengan Teknologi AI untuk Membuat Video Berkualitas

Animoto merupakan sebuah platform video editing online yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk membantu pengguna dalam membuat video yang berkualitas dengan cepat dan mudah.

Melalui Animoto, pengguna dapat memilih tema dan gaya video yang sesuai dengan kebutuhan mereka, dan platform ini akan secara otomatis menghasilkan video yang cocok dengan tema dan gaya yang dipilih.

Salah satu fitur unggulan dari Animoto adalah Auto Preview, yang memungkinkan pengguna untuk melihat hasil video sebelum dipublikasikan.

Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat melakukan pengecekan dan melakukan perubahan jika diperlukan sebelum video akhirnya diunggah.

Fitur Auto Preview ini memberikan kemudahan dalam memastikan bahwa video yang dihasilkan sesuai dengan harapan.

Animoto juga menyediakan berbagai pilihan tema dan gaya video yang dapat dipilih oleh pengguna. Dengan variasi tema dan gaya yang tersedia, pengguna dapat menghasilkan video dengan tampilan yang sesuai dengan konsep dan tujuan yang ingin dicapai.

Pengguna tidak perlu memiliki pengetahuan teknis yang mendalam tentang editing video, karena Animoto menyediakan tata letak yang intuitif dan sederhana untuk memudahkan proses pembuatan video.

Platform Animoto menjadi solusi yang menarik bagi mereka yang ingin membuat video berkualitas dengan cepat dan tanpa perlu mempelajari teknik editing video yang rumit.

Dengan bantuan teknologi AI, pengguna dapat menghasilkan video yang menarik dan profesional dengan mudah melalui platform Animoto.

Akses situs resmi Animoto di https://animoto.com/

4. Filmora: Software Editing Video dengan Dukungan Teknologi AI untuk Menghasilkan Video Lebih Cepat dan Berkualitas

Filmora LOGO PNG
Filmora: Software Editing Video dengan Dukungan Teknologi AI untuk Menghasilkan Video Lebih Cepat dan Berkualitas

Filmora merupakan sebuah software editing video yang dapat digunakan di platform Windows dan macOS. Selain menyediakan berbagai fitur editing yang lengkap, Filmora juga mendukung penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk mempermudah pengguna dalam proses editing video.

Salah satu fitur unggulan dari Filmora yang menggunakan teknologi AI adalah Scene Detection. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dengan cepat dan mudah memotong video berdasarkan deteksi adegan.

Dengan bantuan AI, pengguna dapat menghemat waktu yang seharusnya digunakan untuk memotong video secara manual dan mempercepat proses editing secara keseluruhan.

Filmora juga memiliki fitur Audio Equalizer yang memanfaatkan teknologi AI. Fitur ini dapat membantu pengguna dalam meningkatkan kualitas audio pada video mereka.

Dengan menggunakan Audio Equalizer, pengguna dapat melakukan penyesuaian pada berbagai aspek audio, seperti pengaturan level suara, pengurangan kebisingan, atau peningkatan kejernihan suara.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk menghasilkan video dengan kualitas audio yang lebih baik dan lebih profesional.

Dengan kombinasi antara fitur-fitur editing yang lengkap dan dukungan teknologi AI, Filmora menjadi salah satu pilihan software editing video yang populer dan dapat membantu pengguna dalam menghasilkan video yang berkualitas dengan lebih cepat dan efisien.

Download Filmora di Play Store https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wondershare.filmorago

5. InVideo: Platform Video Editing Online dengan Teknologi AI untuk Membuat Video dengan Cepat dan Mudah

InVideo - Platform Video Editing Online LOGO PNG
InVideo: Platform Video Editing Online dengan Teknologi AI untuk Membuat Video dengan Cepat dan Mudah

InVideo merupakan sebuah platform video editing online yang mengadopsi teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk membantu pengguna dalam proses pembuatan video.

Dengan InVideo, pengguna dapat dengan mudah dan cepat membuat video yang menarik dan berkualitas.

Salah satu keunggulan InVideo adalah ketersediaan berbagai macam template video yang dapat dipilih oleh pengguna. Template tersebut telah dirancang dengan baik dan siap digunakan, sehingga pengguna hanya perlu memasukkan konten yang ingin mereka sertakan dalam video.

Hal ini memudahkan pengguna yang tidak memiliki latar belakang atau keahlian khusus dalam desain grafis atau editing video untuk menghasilkan video yang profesional.

Selain itu, InVideo juga dilengkapi dengan fitur Intelligent Video Assistant. Fitur ini menggunakan teknologi AI untuk membantu pengguna dalam memilih gambar dan video yang sesuai dengan konten yang mereka masukkan.

Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat dengan mudah menemukan elemen visual yang mendukung cerita atau pesan yang ingin disampaikan dalam video mereka.

Dengan kombinasi antara template video yang variatif dan fitur Intelligent Video Assistant, InVideo menjadi solusi yang efektif bagi mereka yang ingin membuat video dengan cepat dan tanpa kesulitan teknis yang berlebihan.

Platform ini memungkinkan pengguna untuk menghasilkan video yang menarik dengan waktu yang efisien, sehingga cocok digunakan oleh individu, bisnis, atau pemasar yang membutuhkan konten video yang berkualitas untuk keperluan mereka.

Download InVideo(Filmr) – Video Editor di Play Store https://play.google.com/store/apps/details?id=com.filmrapp.videoeditor

Kunjungi situs resmi InVideo https://invideo.io/

6. Adobe Premiere Pro: Software Terkemuka dengan Teknologi AI

Adobe Premiere Pro LOGO PNG
Adobe Premiere Pro: Software Terkemuka dengan Teknologi AI

Adobe Premiere Pro telah menjadi salah satu software editing video yang paling populer di seluruh dunia. Selain reputasinya yang kuat, Adobe Premiere Pro juga menonjol karena dukungannya terhadap teknologi kecerdasan buatan (AI).

Dalam perangkat lunak ini, Anda dapat menemukan fitur Sensei AI yang memberikan kemampuan untuk meningkatkan kualitas video Anda dengan mudah.

Salah satu fitur utama dari Sensei AI adalah kemampuannya dalam melakukan koreksi warna otomatis. Dengan hanya beberapa klik, Anda dapat melihat perbedaan signifikan dalam kualitas visual video Anda.

Fitur auto color correction ini membantu Anda mencapai hasil yang lebih profesional tanpa perlu menghabiskan waktu yang lama untuk menyesuaikan setiap aspek warna secara manual.

Selain itu, Adobe Premiere Pro juga menawarkan fitur AI lainnya yang disebut auto audio ducking. Fitur ini memungkinkan Anda untuk secara otomatis menyesuaikan level audio di berbagai klip dalam video Anda, sehingga memastikan bahwa suara latar tidak mengganggu suara utama.

Dengan adanya fitur ini, Anda dapat menghemat waktu dan usaha yang sebelumnya diperlukan untuk menyesuaikan audio secara manual.

Selanjutnya, Adobe Premiere Pro juga menghadirkan fitur Auto Reframe yang sangat berguna. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengubah rasio aspek video dengan cepat dan mudah.

Anda dapat dengan mudah mengkonversi video antara format horizontal dan vertikal, atau mengubahnya menjadi format yang cocok untuk media sosial seperti Instagram dan TikTok.

Dengan adanya fitur ini, Anda dapat menyesuaikan video Anda dengan berbagai platform dengan lebih efisien.

Dengan kombinasi antara kepopuleran Adobe Premiere Pro dan kemampuan AI yang kuat, software ini menjadi pilihan yang sangat baik bagi para profesional maupun pengguna pemula dalam dunia editing video.

Kemampuan AI yang terintegrasi dalam Adobe Premiere Pro membantu Anda meningkatkan kualitas video Anda dengan mudah dan mengoptimalkan proses editing secara keseluruhan.

Download Adobe Premiere Pro https://www.adobe.com/id_en/products/premiere.html

7. Shotcut: Software Editing Video Gratis dan Open-Source dengan Potensi Penggunaan Plugin AI

Shotcut LOGO PNG
Shotcut: Software Editing Video Gratis dan Open-Source dengan Potensi Penggunaan Plugin AI

Shotcut merupakan sebuah software editing video yang gratis dan open-source yang dapat diinstal dan digunakan pada berbagai sistem operasi seperti Windows, macOS, dan Linux.

Meskipun Shotcut bukanlah software yang secara khusus dirancang untuk penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI), pengguna masih memiliki opsi untuk mengintegrasikan plugin AI guna memperluas kemampuan editing video mereka.

Salah satu contoh plugin AI yang dapat digunakan di Shotcut adalah OpenCV. Plugin ini memungkinkan pengguna untuk mengoptimalkan proses editing video dengan memanfaatkan fitur deteksi wajah dan objek yang ditawarkan oleh teknologi AI.

Dengan OpenCV, pengguna dapat melakukan identifikasi dan pemetaan objek dalam video secara otomatis, sehingga mempermudah proses pengeditan.

Meskipun Shotcut mungkin tidak menyediakan fitur AI bawaan seperti software lainnya, keberadaan plugin AI seperti OpenCV memberikan peluang bagi pengguna Shotcut untuk memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence dalam proses editing video mereka.

Dengan memanfaatkan plugin-plugin ini, pengguna Shotcut dapat memperluas kemampuan editing video mereka dengan memanfaatkan kecerdasan buatan.

Shotcut tetap menjadi pilihan menarik bagi mereka yang mencari solusi editing video yang gratis dan memiliki fleksibilitas dalam penggunaan plugin.

Dengan memanfaatkan plugin AI seperti OpenCV, pengguna Shotcut dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas dalam proses pengeditan video mereka.

Download Shotcut di Play Store https://play.google.com/store/apps/details?id=video.editor.videomaker.effects.fx

Akses situs resmi Shotcut https://shotcut.org/

8. Pinnacle Studio: Software Editing Video dengan Fitur AI untuk Pengalaman Mengedit yang Lebih Kreatif

Pinnacle Studio LOGO PNG
Pinnacle Studio: Software Editing Video dengan Fitur AI untuk Pengalaman Mengedit yang Lebih Kreatif

Pinnacle Studio adalah salah satu software editing video yang sangat populer yang dirancang khusus untuk pengguna Windows.

Dengan adanya dukungan teknologi kecerdasan buatan (AI), Pinnacle Studio memberikan pengguna berbagai fitur yang membantu dalam mengedit video dengan lebih efisien dan kreatif.

Salah satu fitur AI yang menonjol dalam Pinnacle Studio adalah Color Grading. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk meningkatkan kualitas warna dalam video mereka.

Dengan bantuan teknologi AI, Color Grading secara otomatis melakukan penyesuaian warna dan kontras untuk memberikan tampilan yang lebih konsisten dan menarik pada video.

Pengguna dapat mengatur warna secara manual atau memilih dari berbagai preset yang disediakan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Selain itu, Pinnacle Studio juga dilengkapi dengan fitur Motion Tracking yang sangat berguna. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melacak gerakan objek dalam video dengan presisi tinggi.

Dengan menggunakan teknologi AI, pengguna dapat menentukan objek yang akan dilacak, dan Pinnacle Studio akan secara otomatis mengikuti gerakan objek tersebut.

Hal ini mempermudah dalam membuat efek khusus, seperti menambahkan teks, grafis, atau efek visual pada objek yang bergerak dalam video.

Dengan adanya fitur Color Grading dan Motion Tracking yang didukung oleh teknologi AI, Pinnacle Studio memberikan kemudahan dan kreativitas dalam proses editing video.

Software ini memungkinkan pengguna untuk meningkatkan kualitas warna, menghasilkan efek visual yang menarik, dan membuat video yang lebih dinamis.

Pinnacle Studio tetap menjadi pilihan yang populer bagi mereka yang mencari software editing video yang andal dengan dukungan AI untuk menghasilkan video yang mengesankan.

Akses situs Pinnacle Studio resmi https://www.pinnaclesys.com/en/

9. Wondershare FilmoraPro: Meningkatkan Pengalaman Editing Video dengan Teknologi AI yang Menarik

Wondershare FilmoraPro LOGO PNG
Wondershare FilmoraPro: Meningkatkan Pengalaman Editing Video dengan Teknologi AI yang Menarik

Wondershare FilmoraPro adalah software editing video yang populer yang dapat digunakan baik di Windows maupun macOS.

Dengan adanya dukungan teknologi kecerdasan buatan (AI), Wondershare FilmoraPro memperkaya pengalaman pengguna dalam mengedit video dengan lebih efektif dan efisien.

Salah satu fitur AI yang menonjol dalam Wondershare FilmoraPro adalah Audio Sync. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dengan cepat dan mudah menyinkronkan audio dan video dalam proyek mereka.

Dengan bantuan teknologi AI, FilmoraPro secara otomatis menyesuaikan timing dan sinkronisasi antara audio dan video, mengurangi kerumitan dalam proses editing dan memastikan keselarasan yang sempurna antara suara dan gambar.

Selain itu, Wondershare FilmoraPro juga dilengkapi dengan fitur Motion Tracking yang sangat berguna. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melacak gerakan objek dalam video dengan akurasi yang tinggi.

Dengan menggunakan teknologi AI, pengguna dapat menentukan objek yang ingin dilacak, dan FilmoraPro secara otomatis mengikuti gerakan objek tersebut.

Hal ini memudahkan pengguna untuk membuat efek visual yang menarik, seperti menambahkan teks, grafis, atau elemen lainnya pada objek yang bergerak dalam video.

Dengan kehadiran fitur Audio Sync dan Motion Tracking yang didukung oleh teknologi AI, Wondershare FilmoraPro memperkaya pengalaman editing video dengan memberikan kemudahan dan ketepatan dalam mengelola audio, serta kreativitas dalam menambahkan efek pada objek yang bergerak.

Software ini cocok digunakan oleh para pengguna yang ingin menghasilkan video yang menarik, profesional, dan mengesankan. Wondershare FilmoraPro terus menjadi pilihan populer bagi mereka yang mencari solusi editing video yang andal dengan dukungan AI untuk mengoptimalkan hasil karya mereka.

Akses seitus resmi Wondershare FilmoraPro https://filmora.wondershare.com/filmorapro-video-editor/

CyberLink PowerDirector LOGO PNG
CyberLink PowerDirector: Software Editing Video Terpopuler dengan Dukungan Teknologi AI

CyberLink PowerDirector merupakan salah satu software editing video yang sangat populer di dunia dan juga didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (AI).

Software ini menawarkan berbagai fitur yang memanfaatkan teknologi AI untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas dalam proses editing video.

Salah satu fitur unggulan dari CyberLink PowerDirector adalah AI Style Packs. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memberikan efek dan gaya yang unik pada video mereka dengan mudah.

Dengan menggunakan AI Style Packs, pengguna dapat menerapkan gaya visual yang sesuai dengan preferensi mereka, seperti gaya sinematik, retro, atau modern. Hal ini membantu dalam menciptakan video yang menarik dan berbeda.

Selain itu, CyberLink PowerDirector juga dilengkapi dengan fitur TrueTheater Color. Fitur ini dirancang untuk meningkatkan kualitas warna dalam video Anda.

Dengan bantuan teknologi AI, TrueTheater Color dapat mengoptimalkan kecerahan, kontras, dan saturasi warna secara otomatis. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan hasil video yang lebih hidup dan menarik.

Dengan kombinasi antara fitur AI Style Packs dan TrueTheater Color, CyberLink PowerDirector memberikan pengalaman editing video yang lebih kreatif dan efisien.

Software ini memungkinkan pengguna untuk mengekspresikan ide mereka dengan lebih baik melalui penggunaan efek visual yang menarik dan peningkatan kualitas warna yang mencolok.

CyberLink PowerDirector tetap menjadi pilihan yang populer bagi mereka yang mencari software editing video yang handal dan mendukung penggunaan teknologi AI.

Akses situs resmi CyberLink PowerDirector https://www.cyberlink.com/products/powerdirector-video-editing-software/overview_en_US.html

Download CyberLink PowerDirector di Play Store https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cyberlink.powerdirector.DRA140225_01

Dalam artikel ini, kami telah memberikan rekomendasi AI untuk edit video yang dapat membantu Anda dalam menghasilkan video yang berkualitas dengan lebih cepat dan efisien.

Setiap pilihan AI yang kami rekomendasikan memiliki fitur-fitur unik yang dapat meningkatkan proses editing video Anda.

Namun, sebelum Anda memilih AI untuk editing video, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan budget Anda. Pastikan untuk melakukan riset dan mencoba beberapa opsi yang ada sebelum membuat keputusan akhir.

Kami berharap artikel ini memberikan informasi yang berguna bagi Anda dalam memilih AI yang tepat untuk kebutuhan editing video Anda.

Dengan menggunakan teknologi AI, Anda dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi editing video Anda sehingga menghasilkan video yang lebih menarik dan profesional.

Selalu ingat untuk memilih AI yang sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda, baik dari segi fitur, kemudahan penggunaan, maupun ketersediaan dalam budget Anda. Semoga artikel ini membantu Anda dalam menemukan solusi yang tepat untuk kebutuhan editing video Anda.